Sarang Burung Walet, Pangan Eksotis Kaya Manfaat

Sahabat Sehat pasti sudah ngga asing lagi dengan sarang burung walet. Yap, pangan yang bisa dibanderol hingga ratusan ribu untuk setiap botol kecil ini konon terkenal karena khasiatnya bagi kesehatan. Produk ini bahkan telah lama digunakan sebagai obat Cina tradisional. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak penjelasan berikut! 

menegnal kandungan gizi dan manfaat sarang burung walet
Foto: Pixabay.com

Apa itu sarang burung walet?

Sarang burung walet (edible bird nest/EBN) merupakan pangan yang terbuat dari air liur burung walet, burung insektivora yang banyak terdapat di Asia Tenggara dan Cina. Air liur burung walet mengikat beberapa bulu dan vegetasi lain supaya kemudian terbentuk sarang yang menempel di dinding gua atau di kayu penangkaran burung. Burung walet biasanya membangun sangkarnya selama kurang lebih 35 hari dan baru bisa dipanen bila sarang sudah kosong.

Produk ini biasanya berbentuk separuh mangkuk, tembus cahaya, dan memiliki aroma unik yang sedikit amis. Terdapat tiga jenis sarang burung walet berdasarkan warnanya, yakni sarang burung walet putih yang banyak dijumpai di penangkaran burung, sarang burung walet hitam yang banyak dijumpai di gua dan terdiri dari 45-55% bulu atau daun kering, serta sarang burung walet merah yang diduga menyerap lebih banyak mineral dari dinding gua atau kayu tempatnya tertempel.

Proses pengolahan sarang burung walet

Sebelum bisa dikonsumsi, sarang dari burung walet perlu dicuci untuk menghilangkan kotoran, bulu burung, dan nitrit yang terkandung di dalamnya. Selanjutnya, akan dicetak dan dikeringkan. Sarang burung walet kemudian disterilisasi menggunakan iradiasi ultraviolet, ozon, atau suhu tinggi sebelum dikemas, disalurkan, atau diproses lebih lanjut.

Dari rangkaian proses pengolahan tersebut, dihasilkan produk sarang burung walet yang dapat dikonsumsi melalui berbagai cara, seperti dijadikan sup, minuman, puding, tonik, bubuk, atau bahkan suplemen.

Foto: KOMPAS.com

Kandungan gizi sarang burung walet

Komponen utamanya merupakan protein yang menyusun 50-55% berat kering sarang burung walet. Sarang burung walet dijumpai mengandung 20 asam amino, 8 di antaranya merupakan asam amino esensial yang jumlahnya dapat mencapai 17,8 g/100 g.

Sarang burung walet mengandung karbohidrat dalam bentuk asam sialat, manosa, glukosamin, galaktosamin, galaktosa, dan fukosa. Selain itu, sarang burung walet juga kaya akan natrium, magnesium, kalium, dan kalsium. Mikronutrien lain seperti zat besi, tembaga, dan logam berat seperti merkuri dan arsenik juga terkadang ditemukan. Selain itu, di dalamnya juga terkandung lemak sebanyak kurang dari 0,5% dan menjadikannya pangan rendah lemak.

Manfaat kesehatan sarang burung walet

Berkat kandungan gizi yang melimpah, sarang burung walet diketahui sebagai pangan fungsional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti memiliki sifat antivirus dan antioksidan. Selain itu, sarang burung walet juga diketahui memiliki peran terhadap sistem imun, meningkatkan kecerdasan dan memori, melindungi saraf, mendukung pembelahan sel, memperbaiki penyakit kardiometabolik, meningkatkan kekuatan tulang, dan menghambat penuaan pada kulit.

Sebelum mengonsumsinya, perlu kamu ketahui bahwa sarang burung walet bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang berkat adanya alergen berupa protein 66kD yang juga ditemukan pada telur. Jadi, sebelum mengonsumsinya pastikan kamu ngga alergi, ya! Bagaimana, apakah Sahabat Sehat tertarik untuk mencobanya?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Dai, Y., Cao, J., Wang, Y., Chen, Y., dan Jiang, L. 2020. A comprehensive review of edible bird’s nest. Food Research International, 140. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0963996920309005

Lee, T.H., Wani, W.A., Lee, C.H., Cheng, K.K., Shreaz, S., Wong, S., Hamdan, N., dan Azmi, N.A. 2021. Edible Bird’s Nest: The Functional Values of the Prized Animal-Based Bioproduct From Southeast Asia – A Review. Frontiers in Pharmacology, 12:626233.  https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2021.626233/full

Moi, C.S., Tai, S.K., Koh, R.Y., dan Ng, K.Y. 2017. A Mini Review on Medicinal Effects of Edible Bird’s Nest, 2(1): 65-67. https://www.researchgate.net/publication/317858316_A_Mini_Review_on_Medicinal_Effects_of_Edible_Bird%27s_Nest

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.