Sumber Zat Gizi untuk Otak Selain Ikan

Halo Teman Sehat! Ikan merupakan salah satu sumber zat gizi terbaik yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Jika kamu punya balita di rumah, pasti menu berbau-bau ikan udah ngga asing lagi. Kandungan omega 3 dan omega 6 atau asam lemak esensial dalam ikan dibutuhkan si kecil untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Lantas, gimana kalau si kecil ngga suka ikan atau bosan dengan menu yang itu-itu aja?

 

Omega 3 dan omega 6 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak ngga cuma terdapat pada ikan loh! Ada sumber makanan lainnya yang bisa dijadikan alternatif. Penasaran? Baca sampai habis ya!

1. Alpukat

Yap! Buah yang satu ini merupakan buah berlemak. Eits, tapi jangan salah, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak baik yang bagus banget untuk perkembangan otak anak. Dalam 100 gram buah alpukat terkandung 110 mg asam lemak omega 3 dan 1689 mg omega 6. Banyak banget kan? Nah, buah alpukat ini bisa Teman Sehat kreasikan ke dalam menu si kecil semenarik mungkin. Selamat mencoba!

2. Sayuran berdaun hijau

Omega 3 terdiri dari ALA, EPA, dan DHA. Ketiga sumber zat gizi inilah yang berperan penting dalam perkembangan otak. ALA, khususnya, ditemukan pada sumber nabati seperti sayur-sayurang yang berwarna hijau, minyak sayuran, dan kacang-kacangan. Jadi, jangan alfa memberikan si kecil sayuran hijau ya Teman Sehat! Selain kandungan vitamin dan mineralnya, anak juga butug zat gizi ALA yang terkandung dalam sayuran.

3. Margarin

Berbeda dengan mentega yang terbuat dari lemak hewan, margarin terbuat dari lemak tumbuhan. Umumnya margarin terbuat dari minyak sawit, minyak kedelai, atau campurannya. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pilihlah margarin yang terbuat dari minyak zaitun dan kanola karena kaya akan lemak baik seperti omega 3 dan omega 6. Jadi, Teman Sehat pilih margarin untuk dioleskan pada roti si kecil dibandingkan mentega ya!

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Sumber omega 3 dan omega 6 yang satu ini pasti udah ngga asing lagi. Biji-bijian dan kacang-kacangan memang kaya akan lemak baik yang sangat bermanfaat buat tubuh. Untuk si kecil, Teman Sehat bisa memberikan biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai camilan atau dimasukan pada sayuran kesukaannya.

5. Telur

Sumber protein yang murah dan enak ini kaya berbagai zat gizi untuk perkembangan otak anak, yaitunya omega 3. Selain itu, telur juga mengandung zat gizi lainnya seperti protein sebagai pembangun struktur tubuh, vitamin D dan kalsium untuk pertumbuhan tulang, zat besi untuk pembentukan sel darah merah, dan lain sebagainya. So, jangan lupa memasukan telur ke dalam menu si kecil ya!

Usia balita merupakan usia emas untuk perkembangan otak anak. Oleh karena itu, ibu perlu memastikan semua zat gizi tercukupi. Jika si kecil tidak menyukai makanan tertentu atau mengalami masalah kesehatan yang membatasi konsumsi makanan tertentu, ibu harus kreatif dan mencari sumber makanan lain dengan kandungan zat gizi yang sama.

Jika Teman Sehat punya pertanyaan seputar gizi anak, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *