Tips Ngemil Sehat Selama #dirumahaja

Halo, Teman Sehat! Sebagian besar orang tentunya suka mengonsumsi camilan untuk menemani beberapa kegiatan seperti menonton film, mengerjakan tugas, dan lainnya apalagi sekarang kamu sedang #dirumahaja. Tapi terkadang, camilan yang dipilih cenderung mengandung tinggi gula, garam, dan lemak. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak caranya di sini!

1. Perhatikan label makanan kemasan

Label makanan memberikan informasi bermanfaat mengenai kandungan dalam makanan dan minuman. Memperhatikan label makanan saat kamu berbelanja bisa membantu membuat pilihan camilan yang lebih sehat. Misalnya dengan memilih makanan dan minuman yang rendah lemak, gula, garam dan kalori. Perhatikan juga jumlah lemak, lemak jenuh, garam, dan gula pada camilan yang dikonsumsi, ya!

2. Gantilah dengan camilan sehat

Camilan kurang sehat, bisa kamu ganti dengan beberapa ide makanan ringan di bawah ini:

  • Buah dan sayur-sayuran seperti pisang, anggur, salad buah campuran
  • Kue beras yang disajikan tanpa tambahan gula atau mentega
  • Roti panggang yang disajikan dengan irisan pisang
  • Popcorn polos dengan taburan bubuk kayu manis
  • Yogurt rendah lemak tanpa pemanis (bisa ditambahkan buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian)
  • Susu rendah lemak atau susu skim (dicampur dengan pisang dan sedikit kayu manis)
  • Telur rebus dengan buncis panggang

3. Batasi porsinya

Pertimbangkan ukuran porsi camilan (terutama jika tinggi lemak, lemak jenuh, garam, dan gula) untuk membantu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Jika kamu memilih coklat, keripik atau biskuit, perhatikan kalori per porsinya.

Misalnya dalam sehari mengonsumsi dua biskuit dan beberapa keping keripik, sehingga jumlah kalori dalam sehari ngga melebihi kebutuhan. Jangan lupa, kamu juga bisa mengonsumsi porsi buah dan sayuran yang lebih banyak sebagai camilan, loh!

4. Perhatikan jumlahnya

Perhatikan jumlah camilan yang kamu konsumsi di pagi, siang, dan malam hari. Jangan sampai jumlahnya melebihi makan utama, sehingga mungkin akan melewatkan makan utama karena sudah merasa kenyang.

Jumlah camilan bervariasi berdasarkan tingkat aktivitas. Contohnya, jika kamu sangat aktif, maka bisa memilih 2-3 camilan per hari. Tapi, untuk kamu yang lebih banyak duduk bisa mengonsumsi 1 atau tanpa camilan. Tentunya hal tersebut juga mempertimbangkan kebutuhan kalori dalam sehari.

5. Hindari berbelanja ketika lapar

Beberapa penelitian menunjukkan, dalam kondisi lapar, seseorang mungkin lebih memilih makanan ringan yang kurang sehat. Solusinya yaitu dengan membuat daftar makanan ringan sehat seperti untuk dibeli saat akan berbelanja di toko.

Nah, beberapa tips dan ide camilan di atas tentunya bisa Teman Sehat terapkan untuk menemani kegiatan selama di rumah. Jangan lupa selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengonsumsi camilan, ya! Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *