Waspadai 3 Makanan yang bisa Memicu Radang Sendi!

Teman Sehat, radang sendi menjadi salah satu masalah yang bisa dialami semua orang. Selain merasakan nyeri pada persendian, penderitanya juga mengalami kaku pada bagian sendinya, sehingga sulit berjalan. Kondisi ini, ternyata bisa dipengaruhi oleh pola makan, loh! Mau tahu makanan apa saja yang memicunya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Gula

Studi yang dilakukan oleh Brigham and Women’s Hospital, Division of Rheumatology, Immunology and Allergy, minuman bersoda dan makanan manis bisa memperparah gejala arthritis rheumatoid (radang sendi). Peradangan sendi terjadi akibat sistem imun yang menyerang jaringannya sendiri.

assorted-color candies on container

Saat kamu mengonsumsi gula berlebih, maka proses penyerapan zat gizi di usus akan terganggu. Ketika masalah ini muncul, sistem imun akan menjadi aktif dan memicu terjadinya peradangan. Peradangan ngga cuma di bagian usus, tapi juga merambat ke bagian organ lainnya, seperti sendi. So, lebih baik atur konsumsi es skim, permen dan minuman bersoda, untuk menurunkan risikonya.

2. Gluten (protein pada gandum)

Gluten merupakan salah satu jenis protein yang terdapat pada gandum. Akhir-akhir ini, banyak orang yang mulai menghindari gluten karena bisa berisiko pada reaksi auto-imun (celiac). Seseorang yang menderita penyakit celiac akan memproduksi sistem imun yang berlebih ketika mengonsumsi gluten.

cereal and three buns

Nah, reaksi auto-imun ini ternyata juga berkaitan erat dengan terjadinya nyeri sendi. Sebagian besar orang yang menderita penyakit celiac, rentan mengalami peradangan sendi karena arthritis rheumatoid. Hal ini dikarenakan, sistem imun yang terbentuk karena mengonsumsi gluten yang ikut menyerang bagian persendian. Jadi sebaiknya hindari konsumsinya agar ngga memperparah rasa nyeri pada sendi.

3. Makanan asin

Bagi penderita radang sendi, ngga mengonsumsi makanan asin, bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebuah penelitian yang dilakukan di Seoul, Korea Selatan membuktikan bahwa, mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa memperparah gejala arthritis.

Mason Jar Filled with Salt

Bukan cuma itu, mengurangi konsumsi garam juga bisa membantu menghindari terjadinya pengeroposan pada tulang. Semakin banyak garam yang dikonsumsi, maka semakin banyak zat gizi kalsium yang ikut terbuang dari dalam tubuh.

Menjaga pola makan ternyata cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian. Bila kamu menderita penyakit radang sendi, sebisa mungkin hindari produk yang memicu terjadinya peradangan. Yuk, mulai dari sekarang! Jangan lupa bagikan tulisan ini ke orang terdekat, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *