Waspadai Risiko Stunting Akibat Paparan Asap Rokok

Teman Sehat, tahu ngga sih sebanyak 40% anak di dunia sudah menjadi perokok pasif? Seiring peningkatan konsumsi rokok, ternyata efek paparan asap rokok ini sangat berhubungan dengan kejadian stunting, loh. Penelitian menyebutkan bahwa anak dengan orang tua perokok kronis mempunyai risiko stunting 5,5% lebih tinggi, diikuti dengan risiko penurunan kecerdasan dan tentunya akan mengganggu pertumbuhan, perkembangan, kualitas hidup, termasuk risiko penyakit saat dewasa nanti. Wah, bagaimana bisa? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Paparan asap rokok dan anemia

Teman Sehat, peningkatan risiko stunting akibat paparan rokok bisa terjadi secara langsung yakni melalui efek asap rokok itu sendiri. Kamu harus tahu, pengaruh paparan ini sebenarnya sudah terjadi sejak 1000 hari pertama kehidupan atau sejak janin dalam kandungan.

Man smoking near son outdoors. father smoking cigarette. bad example for kid. Premium Photo
sumber: freepik.com

Ibu hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif sangat rentan terhadap anemia. Kondisi ini memengaruhi status hemoglobin sel darah merah dan cadangan zat besi anak yang dilahirkan serta tumbuh kembangnya nanti. Faktanya, hemoglobin sebagai pembawa oksigen untuk tubuh juga memiliki kemampuan berikatan dengan karbon monoksida pada rokok. Bahkan ikatan ini lebih kuat dibanding dengan ikatan oksigen dan hemoglobin.

Selanjutnya hemoglobin pun ngga bisa melepas dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Proses penyerapan gizi menjadi terganggu sebab sel darah merah juga berfungsi mengirimkan gizi yang berperan untuk tumbuh kembang anak. Akibatnya, pertumbuhan anak menjadi terhambat dan jika ngga segera diatasi akan berisiko stunting.

Selain itu, asap rokok juga menyebabkan infeksi pernapasan seperti bronkitis, pneumonia, asma, dan batuk kronis akibat iritasi. Penyakit-penyakit tersebut akan mengganggu tumbuh kembang anak, bahkan sindroma kematian bayi mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Ternyata, efeknya cukup serius juga ya, Teman Sehat?

Konsumsi rokok dengan indeks belanja keluarga

Nah, pengaruh yang kedua adalah secara ngga langsung yakni dari segi pengaturan keuangan keluarga. Penelitian menyebutkan bahwa pengaruh biaya belanja rokok, membuat orang tua mengurangi “jatah” biaya lainnya, seperti biaya makanan bergizi, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Grocery Store
sumber: pexels.com

Padahal, telah diketahui bahwa konsumsi rokok semakin meningkat per tahunnya. Ternyata hal ini pun diikuti dengan menurunnya pengeluaran harian lainnya secara signifikan diantaranya beras, protein seperti daging dan ikan, sumber lemak, serta dana pendidikan. Teman sehat tentu memahami bahwa jenis belanja pengeluaran ini akan sangat memengaruhi perkembangan masa depan anak-anak baik secara fisik maupun kognitif.

Teman Sehat, ternyata pencegahan stunting ngga terlepas dari semua aspek kehidupan sehari-hari, bukan? Pencegahan dari paparan polutan lainnya seperti  asap kendaraan, biomassa, serta pengaruh dari kebakaran hutan juga ngga kalah penting.

Ingat, gizi seimbang menjadi kunci hidup berkualitas. Dengan ngga merokok maka paparan asap pun berkurang, biaya belanja bahan makanan bergizi pun menjadi lebih tinggi.  Jangan lupa share artikel ini ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Referensi

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI. 2018. Konsumsi Rokok Akibatkan Anak Stunting http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/pusat-/konsumsi-rokok-akibatkan-anak-stunting Diakses 9 April 2021

Passive smoking as a risk factor of anemia in young children aged 0–35 months in Jordan https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1854899/ Diakses 9 April 2021

Ayah dan Bunda, Hati – hati dengan Asap (Bagian II) https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/ayah-dan-bundahati-hati-dengan-asap-bagian-ii Diakses 9 April 2021

The association between active tobacco use during pregnancy and growth outcomes of children under five years of age: a systematic review and meta-analysis https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6293508/ Diakses 9 April 2021

Nutritional Status of Indonesian Children in Low-Income Households with Fathers that Smoke https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6481575/ Diakses 9 April 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.