Yuk, Cari Tahu 3 Cara Hindari Alergi Makanan!

Foto: Pixabay.com

Teman sehat, apakah kamu punya alergi terhadap makanan tertentu? Jika iya, maka kamu perlu lebih cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena mengonsumsi makanan yang memicu alergi bisa membahayakan keselamatanmu. Nah, berikut ini tips tentang mencegah terjadinya alergi makanan. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Alergi makanan

Alergi makanan merupakan kondisi yang ditimbul ketika tubuh seseorang mengalami rekasi berlebih akibat mengonsumsi suatu makanan tertentu. Reaksi ini menyerang beberapa organ dan sistem tubuh seseorang.

Alergi merupakan hal umum yang biasa terjadi pada masyarakat. Biasanya sudah ditemukan sejak kecil contohnya alergi terhadap udang yang bisa menyebabkan seseorang mengalami urtikaria (gatal-gatal), alergi kacang-kacangan yang bisa menyebabkan sesak napas dan seseorang yang mengalami alergi susu sapi bisa memiliki gejala alergi pada saluran pernapasan, kulit, reaksi anafilaksis dan gangguan saluran pencernaan.

Proses terjadinya alergi makanan

Foto: Pixabay.com

Sistem imun tubuh memproduksi antibodi berupa beberapa jenis protein yang berbeda yaitu IgM, IgE, IgA untuk melawan benda asing yang dianggap berbahaya seperti virus dan bakteri. Saat seseorang yang mengalami alergi makanan, sistem imun akan bekerja dengan cara meningkatkan dan memproduksi banyak antibodi. IgE merupakan antibodi yang lebih banyak bereaksi terhadap allergen atau zat penyebab alergi.

Antibodi jenis ini akan melakukan reaksi dan mengikat pada cell mast (sel dalam sistem kekebalan tubuh yang bertugas untuk melawan patogen). Saat pemicu alergi terpapar pada tubuh seseorang maka cell mast akan memberikan tanda atau gejala, sehingga mengeluarkan histamin yang bisa menimumbulkan perubahan pada beberapa bagian tubuh.

Kamu bisa mengalami gangguan saluran pencernaan (muntah, mual, konstipasi, diare), kulit mengalami pembekakan dan gatal, sesak napas, muka pucat dan lain-lain. Faktor risiko seseorang mengalami alergi makanan antara lain yaitu riwayat keluarga, IgE dalam darah tinggi, MP-ASI dini, terpapar alergen pada lingkungan, penurunan jumlah trombosit dalam darah dan lain-lain.

Cara menghindari alergi makanan

Nah, Teman Sehat jika kamu mempunyai alergi makanan kamu bisa melakukan 3 tips berikut ini :

  1. Menghindari Reaksi Alergi. Saat kamu telah mengetahui alergi terhadap makanan tertentu kamu bisa menghindari makanan tersebut supaya ngga timbul reaksi alergi.
  2. Memperhatikan Label Kandungan Gizi Makanan. Kamu perlu lebih cermat dalam melihat label kandungan gizi makanan yang ingin dikonsumsi. Jika terdapat bahan makanan yang bisa menimbulkan alergi, kamu sebaiknya menghindarinya.
  3. Mencermati Cara Pemilihan dan Persiapan Bahan Makanan. Pengetahuan terkait gizi seimbang juga sangat penting dalam memilih makanan. Jika terdapat alergi terhadap bahan makanan tertentu, kamu bisa mencari alternatif bahan makanan pengganti yang sesuai sehingga kamu ngga mengalami kekurangan zat gizi tertentu.

Teman sehat, alergi tingkat keparahan alergi pada setiap orang bisa saja berbeda dan bisa saja terjadi secara berulang jika pemicunya terus dikonsumsi. Kamu bisa mengkonsultasikan gejala alergimu ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Asuhan Gizi Klinik https://egcmedbooks.com/buku/detail/2376/asuhan-gizi-klinik

Rinawarti, Fitria. Hubungan Peran dan Pengetahuan Ibu Dalam Pencegahan Kekambuhan Alergi Makanan pada Balita. Jurnal Berkala Epidemilogi: Vol.5 No.1 , hlm. 118-129. https://e-journal.unair.ac.id/JBE/article/viewFile/1635/2816

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.