Yuk, Kenali Jenis Olahraga yang Cocok Untuk Ibu Hamil!

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu, ternyata ibu hamil juga perlu olahraga untuk menjaga kesehatan si kecil dan dirinya, loh! Namun, ngga semua jenis olahraga bisa dilakukan berkaitan dengan kondisi kehamilannya. Kira-kira apa saja jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil? Yuk, simak jenis-jenisnya berikut ini!

Yoga

Embarazada, Mujer, Ejercicio, Física, Gimnasio

Yoga merupakan olahraga yang paling disarankan untuk ibu hamil karena mampu melatih fleksibilitas, pernapasan, kestabilan emosi, serta meregangkan otot-otot yang tegang. Tapi hati-hati, ibu sebaiknya menghindari pose atau gerakan yang terlalu sulit untuk dilakukan, serta pastikan dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan untuk meminimalisir terjadinya cedera ya, Teman Sehat!

Jalan kaki

Otoño, Maternidad, Naturaleza, Océano, Al Aire Libre

Jalan kaki adalah jenis olahraga ringan yang cocok bagi ibu, terutama bagi yang ngga biasa melakukan aktivitas olahraga berat. Olahraga jalan kaki bisa melatih pernapasan, kekuatan lutut, dan kekuatan pergelangan kaki, loh! Sebelum memulai jalan kaki, ibu harus memastikan bahwa jalanan yang akan dilewati terhindar dari lubang dan bebatuan keras. Selain itu, pastikan ibu menggunakan sepatu olahraga yang nyaman sehingga ngga menyebabkan kaki terluka.

Aerobik ringan

Berbeda dengan aerobik pada umumnya yang cepat dan berat, aerobik yang dianjurkan dilakukan oleh ibu hamil memiliki tempo lebih ringan dan berisi gerakan aman bagi sang ibu dan si kecil. Hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan sang ibu. Olahraga aerobik dapat memperkuat jantung dan paru-paru ibu hamil.

Sports, Dumbbells, Mateo, El Yoga, Aeróbicos, Azul

Selain itu, aerobik yang diiringi dengan musik bisa memperbaiki mood ibu, loh! Tips untuk ibu hamil yang melakukan aerobik ringan yaitu, pastikan menggunakan sepatu olahraga yang aman, serta di bawah pengawasan instruktur aerobik profesional khusus untuk ibu hamil.

Olahraga air

Olahraga air cocok untuk ibu hamil karena ngga memberikan tekanan terlalu besar pada sistem persendian ibu. Hal ini penting karena sendi ibu menahan beban berat selama kehamilan sehingga membutuhkan rileksasi. Jenis olahraga air yang bisa dilakukan diantaranya berenang, berjalan dalam air, dan aerobik air ringan.

pregnant woman wears swimwear and about to swim at the body of water

Sebelum melakukan olahraga ini, pastikan kolam renang bersuhu normal, gunakan pegangan kolam untuk mencegah sang ibu tergelincir, serta gunakan kolam renang dengan kedalaman yang sesuai dengan ibu. Suami atau kerabat lain wajib mendampingi ibu saat melakukan olaharaga ini.

Nah, itu dia jenis-jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Jangan lupa, untuk menentukkan jenis olahraga yang akan dilakukan harus mempertimbangkan kondisi dari kehamilan sang ibu dan konsultasikan dengan dokter kandungan. Semoga bermanfaat! Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini ke orang-orang do sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *