Aktivitas Fisik bukan hanya Menyehatkan Fisik, Berikut Dampak Positif Lainnya

Halo Teman Sehat! Apakah kamu masih suka mageran dan bermalas-malasan? Jika ya, sudah saatnya kamu merubah kebiasaan yang kurang baik ini. Hidup aktif adalah salah satu kunci hidup sehat dan panjang umur, maka dari itu rajin-rajin lah melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga!

Organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan agar kelompok umur dewasa (18-64 tahun) melakukan aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu atau 75 menit per minggu untuk intensitas berat.

Ternyata selain menyehatkan raga, aktivitas fisik juga membawa berbagai dampak positif lainnya bagi tubuh. Penasaran? Yuk, simak!

1. Menyehatkan pikiran

Tidak sedikit studi telah membuktikan bahwa olahraga merupakan salah satu kunci kesehatan mental. Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa Teman Sehat lakukan untuk mendistraksi pikiran-pikiran negatif yang bermunculan serta kekhawatiran-kekhawatiran dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Memperbaiki mood

Banyaknya beban di sekolah, pekerjaan, atau rumah tangga sangat berpengaruh pada suasana hati seseorang. Nah, olahraga atau aktivitas fisik adalah salah satu kunci untuk menanggulanginya! Secara ilmiah, kebugaran yang meningkat seiring rajinnya melakukan aktivitas fisik, bisa meningkatkan suasan hati bahkan memperbaiki pola tidur. Lebih jauh, hal ini bisa merubah kadar zat-zat kimia dalam otak seperti seperti serotonin, endorfin, dan hormon stres.

3. Kurang percaya diri? Olahraga aja!

Ngga sedikit orang yang mengalami krisis kepercayaan diri, apakah karena tampilan fisiknya yang kurang memuaskan atau faktor-faktor lainnya. Olahraga secara teratur merupakan salah satu solusi untuk mengembalikan rasa percaya diri. Selain itu, studi menunjukan bahwa aktivitas fisik berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan self-esteem.

4. Memperbaiki gairah seks

Banyak hal menyebabkan menurunnya gairah seks. Hal ini tentunya menjadi masalah yang harus diatasi. Faktanya, aktivitas fisik ataupun olahraga dapat meningkatkan kembali energi serta rasa percaya diri.

5. Membangun hubungan sosial

Olahraga di car free day, lapangan, atau pusat kebugaran bersama keluarga dan teman, merupakan hal yang menyenangkan bukan? Di sinilah peran peting olahraga dalam membuat seseorang ngga hanya sehat secara fisik tapi juga sosial. Teman Sehat akan memiliki lebih banyak ruang untuk berinteraksi sehingga dapat mencegah kondisi terisolasi.

Nah, ternyata banyak banget manfaat aktivitas fisik dan olahraga bagi tubuh dan kehidupan sehari-hari. So, akhir pekan ini mau olahraga apa dan ke mana?

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *