Atasi Perut Buncit dengan Terapkan Cara Ini

Teman Sehat memiliki permasalahan perut buncit? Perut buncit tentu membuat kamu ngga percaya diri dengan penampilan diri sendiri. Kondisi ini terjadi ketika perut memiliki banyak kelebihan lemak yang disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja makanan yang menyebabkan perut buncit dan bagaimana cara mengatasinya?

Perut buncit dan masalah kelebihan gizi

Foto: Pexels.com

Terdapat banyak bentuk gangguan gizi yang terjadi pada seseorang, salah satunya kelebihan gizi yang ditandai dengan obsesitas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seperti pola makan yang salah, makanan berlebih tanpa diimbangi dengan olahraga. Hal ini berakibat pada bertambahnya ukuran lingkar perut daperut buncit. Dengan kata lain perut buncit juga bisa menjadi salah satu tanda terjadinya obesitas sentral yang dialami seseorang.

Penyebab terjadinya perut buncit

  1. Kurangnya aktivitas fisik

Apabila seseorang jarang melakukan aktivitas fisik, maka lemak yang masuk ke dalam tubuh akan tertimbun dalam perut sehingga ukuran perut akan bertambah.

  1. Kebiasaan makan camilan

Memiliki kebiasaan makan camilan yang mengandung gula dan lemak tinggi seperti coklat, kue, dan ice cream bisa membuat kalori dan lemak meningkat.

Foto: Pexels.com
  1. Makan larut malam atau sebelum tidur

Tubuh ngga bisa membakar lemak secara efektif bila perut dalam keadaan penuh saat tidur. Terlambat makan juga bisa meningkatkan resiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Cobalah untuk makan beberapa buah apabila merasa lapar di malam hari.

  1. Makan untuk mengalihkan emosi

Beberapa orang memiliki kebiasaan meluapkan emosi dengan makan porsi banyak. Hal tersebut ngga bisa dibenarkan karena membuat seseorang cenderung mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak yang berakibat pada terbentuknya timbunan lemak di perut.

  1. Minuman beralkohol dan bersoda

Jenis minuman ini tinggi akan kandungan gula dan kalori, sehingga mampu meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengonsumsi alkohol sebanyak 7 kali per minggu berisiko mengalami obesitas.

Cara Mengatasi Perut Buncit

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di perut, seperti:

tips untuk mengurangi perut buncit
Foto: Pexels.com
  1. Latihan cardio

Berupa latihan cardio yang memerlukan oksigen untuk pembentukan energi yang dilakukan secara terus-menerus dan melibatkan banyak otot besar. Olahraga ini memiliki ritme dengan intensitas yang teratur sehingga membantu pembakaran kalori secara efektif.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung mikronutrien berupa vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Konsumsi ≥ 5 porsi atau sekitar 400 gram per hari buah dan sayur merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk membantu menghilangkan lemak perut.

  1. Menerapkan diet sehat dengan gizi seimbang

Diet yang dimaksud berupa mengatur pola makan baik dari segi waktu, jenis makanan, dan jumlah porsi makanan. Hal ini bisa dilakukan dengan menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, membatasi makanan dengan kadar gula tinggi, mengonsumsi makanan tinggi protein, mengurangi minuman manis dan menerapkan pola gizi seimbang yang dianjurkan.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi perut buncit. Semoga cara di atas bisa membantu ya, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Traversy, G., & Chaput, J. P. (2015). Alcohol Consumption and Obesity: An Update. Current obesity reports, 4(1), 122–130. https://doi.org/10.1007/s13679-014-0129-4

Kolasa, Kathryn & Collier, David & Cable, Kathy. (2010). Weight loss strategies that really work. The Journal of family practice. 59. 378-85.
https://www.researchgate.net/publication/45167955_Weight_loss_strategies_that_really_work

34 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria dan Wanita Paling Ampuh
https://www.academia.edu/34393056/34_Cara_Mengecilkan_Perut_Buncit_Pada_Pria_dan_Wanita_Paling_Ampuh

Brauer, Paula & Gorber, Sarah & Shaw, Elizabeth & Singh, Harminder & Bell, Neil & Shane, Amanda & Jaramillo, Alejandra & Tonelli, Marcello. (2015). Recommendations for prevention of weight gain and use of behavioral and pharmacologic interventions to manage overweight and obesity in adults in primary care. Canadian Medical Association Journal.
https://www.researchgate.net/publication/271595412_Recommendations_for_prevention_of_weight_gain_and_use_of_behavioral_and_pharmacologic_interventions_to_manage_overweight_and_obesity_in_adults_in_primary_care

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.