Diet Sehat dan Enjoy : Atasi Obesitas pada Anak!

Sahabat sehat, sebagian orang tua dan lingkungan sekitar terkadang beranggapan anak yang gemuk itu sehat dan lucu. Sebenarnya kondisi ini perlu diwaspadai loh, karena anak tersebut bisa mengalami obesitas yang justru menganggu kesehatannya. Yuk, simak atasi obesitas dengan diet sehat yang enjoy dilakukan anak!

Obesitas pada Anak

Saat ini masalah gizi pada anak ngga melulu tentang gizi kurang dan gizi buruk. Bahkan ngga sedikit anak yang mengalami kegemukkan dan obesitas. Tentunya jika dibiarkan malah berbahaya bagi kesehatan anak.

bahaya anak obesitas
Foto: Pexels.com

Penyebabnya bisa dari berbagai macam, seperti genetik atau faktor keturunan, pola makan anak yang kurang baik (tinggi lemak, tinggi gula dan rendah serat), jarang melakukan aktifitas fisik dan lainnya.

Efek Obesitas pada Anak

Sahabat Sehat jika dibiarkan, anak yang mengalami obesitas bisa mengalami berbagai dampak kesehatan loh. Obesitas bisa menyebabkan kesehatan menjadi terganggu. Anak kelak menjadi lebih rentan mengalami penyakit degeneratif, seperti hipertensi, diabetes, displidemia dan lainnya. Selain itu anak juga bisa mengalami sesak napas.

Pertumbuhannya juga terganggu karena hormon pertumbuhan berkurang dibandingkan anak yang status gizinya normal. Kemungkinan mengalami ganggu psikologis seperti merasa depresi, gelisah dan tertekan juga semakin tinggi karena sering dijuluki si gendut.

Bukan cuma itu, anak juga bisa mengalami acanthosis nigricans (kelainan kulit) pada anak obesitas. Anak yang mengalami kelainan ini kulitnya akan menebal dan hitam. Berdasarkan penelitian, kelainan ini sebagai salah satu pertanda resistensi insulin yang berdampak pada penyakit diabetes.

Anak yang mengalami obesitas biasanya rentan mengalami obesitas pada dewasa. Ini diarenakan hormon leptin yang berperan dalam mengatur nafsu makan jadi ngga sensitif lagi, sehingga membuat anak susah kenyang padahal sudah makan. Wah bahaya ya.

Diet Sehat pada Anak Obesitas

Salah satu diet yang dikenal adalah Diet Rest (Rendah Energi Seimbang Teratur) sering diartikan sebagai rehat dari mengonsumsi makanan yang makanan tinggi lemak jenuh, makanan tinggi gula dan jarang beraktifitas. Nah, kamu bisa menerapkan hal berikut ini.

tips atasi anak obesitas
Foto: Pixabay.com

Merancang aktifitas fisik untuk anak

Kamu bisa merancang aktifitas fisik yang dapat meningkatkan pengeluaran energi nih pada anak. Seperti berenang, bersepeda, jogging bersama. Hal ini lebih baik dibandingkan menghabiskan waktu dengan bermain game atau menonton TV seharian.

Peran orang tua

Orang tua memilih makanan yang tepat nih bagi anak, karena kebanyakkan kasus yang terjadi orang tua keliru memilih makanan yang tepat pada anak. Seperti memberikan makanan instan atau makanan junk food. Mulai sekarang, orang tua harus merubah kebiasaan dengan menyiapkan dan mempratekkan menu sehat dan bergizi seimbang di rumah. Orang tua juga bisa mengajak anak memasak atau berbelanja supaya mereka lebih mengenal bahan makanan yang beragam dan sehat.

Bentuk Role Model dan Lingkungan Sehat

Ciptakan lingkungan yang bisa mendukung anak untuk memiliki pola hidup sehat dan berikan role model karena anak cenderung meniru sikap orang di sekitarnya, termasuk orang tua. Perlu diingat faktor utama yang menjadi keberhasilan dalam diet ini pada anak adalah adanya perubahan kebiasaan makan dan aktifitas fisik pada anak sehingga pertumbuhannya menjadi proposional.

Nah, Sahabat Sehat itulah serba-serbi diet sehat untuk atasi anak obesitas. Kamu bisa memperaktekkannya di rumah. Jika mengalami kesulitan jangan pernah ragu untuk konsultasi ke ahli gizi ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Ramayulis, Rita. 2016. Atasi Obesitas pada Anak dengan Diet REST. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. https://www.gramedia.com/products/conf-atasi-obesitas-pada-anak-dengan-diet-rest-ala-rita-ramayulis

Winaktu, Grace. 2016. Kegemukan dan Obesitas pada Anak-anak. Jurnal Kedokteran Meditek : Vol 22 N0 58 http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/Meditek/article/view/1270

Rachmalia dan Era. 2012. Faktor Resiko Obesitas dan Tingkat Obsesitas pada Anak Sekolah Dasar Banda Aceh http://jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/1583/1464

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.