Kenalin 5 Buah untuk Bantu Turunkan Asam Urat

Penyakit gout arthritis atau mungkin kamu lebih mengenalnya asam urat pada dasarnya merupakan penyakit yang disebabkan karena hasil metabolisme tubuh yang berlebihan. Penyakit ini sangat ditakuti karena menyerang persendian dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, untuk kamu yang sedang mengalami ini ngga perlu khawatir, kamu dapat mencoba lima buah dibawah ini untuk mengurangi asam urat dan mencegah timbulnya gejalan nyeri yang menyiksa, apa aja buah tersebut? Berikut ulasannya untuk kamu.

buah penurun asam urat
Foto: Unsplash.com

Buah Sirsak

Asam urat yang tinggi di dalam tubuh tentunya bisa berbahaya jika ngga diatasi dengan segera. Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengkonsumsi buah sirsak. Kandungan flavonoid dan polifenol yang terdapat dalam buah ini bisa berperan sebagai antioksidan untuk menghambat xanthine oxidase agar dapat menurunkan kadar asam urat. Selain itu sirsak juga mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk menjaga imunitas serta kesehatan saluran cerna kamu.

Buah Kersen

Kamu mungkin sudah ngga asing dengan buah kersen. Buah dengan cita rasa unik ini seringkali diabaikan padahal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kadar asam urat. Kandungan vitamin C pada kersen dapat berperan untuk meningkatkan produksi kolagen.

Tahukah kamu? Jika tubuh kekurangan kolagen maka bisa memperparah rasa sakit pada sendi. Selain itu kandungan fenol pada buah ini mampu berperan sebagai antioksidan dan mencegah radikal bebas yang menyebabkan peningkatan asam urat.

Buah Pepaya

Harga ekonomis dan sangat mudah didapatkan membuat papaya populer untuk dijadikan buah yang dikonsumsi sehari-hari. Hampir semua orang menyukai rasa segar dan manis buah satu ini. Ternyata bukan cuma enak, buah papaya juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena kandungan flavonoid, beta karoten, vitamin B1 dan vitamin C yang ada didalamnya yang bisa berperan sebagai antioksidan. Vitamin E pada buah ini juga terbukti dapat menurunkan jumlah radikal bebas yang mempercepat peningkatan asam urat.

semangka untuk menurunkan asam urat
Foto: Unsplash.com

Buah Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang banyak dihasilkan di Indonesia, bahkan hampir tersedia sepanjang musim. Selain menyegarkan karena kandungan airnya yang tinggi, buah semangka juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Kandungan flavonoid yang tinggi pada semangka bisa menghambat kerja enzim xanthine oxidase dan berparan sebagai antioksidan yang menangkap radikal superoksida.

Buah Lemon

Buah dengan cita rasa asam seperti lemon tentu sangat menyegarkan jika diolah menjadi infused water. Selain menjadi minuman yang menyegarkan, infused water dengan lemon bisa menjadi terapi untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah asam ini memiliki sifat urikosurik yang dapat menghambat reabsorbsi asam urat di tubulus ginjal sehingga asam urat yang dikeluarkan dari ginjal akan lebih cepat.

Mengonsumsi beberapa buah yang disebutkan di atas merupakan cara terapi penurunan asam urat secara non obat-obatan yang bisa kamu coba di rumah. Selain manfaat kesehatan yang kamu dapatkan, buah-buahan tersebut juga punya cita rasa yang nikmat sehingga ngga sulit untuk dikonsumsi setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Gambaran Asam Urat Pada Lansia Di Wilayah Kampung Selayar Kota Makassar. http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediaanalis/article/view/842. 23 April 2022

Pengaruh Pemberian Ekstrak Buah Semangka (Citrullus Lanatus) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar. http://eprints.ums.ac.id/60750/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf .  Diakses pada tanggal 23 April 2022.

Pengaruh Pemberian Jus Buah Pepaya (Carica papaya L.) terhadap Penurunan Kadar Malondialdehid dan Asam Urat. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jgizi/article/view/7435. Diakses pada tanggal 23 April 2022.

Pengaruh Pemberian Sari Buah Kersen terhadap Kadar Asam Urat pada Penderita Hiperurisemia  https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jgizi/article/view/7435. Diakses pada tanggal 23 April 2022.

Pengaruh Infused Water Lemon Terhadap Kadar Asam Urat Lansia Di Posyandu Lansia Sukorejo Wonogiri. http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/113/1/Naspub%20Sulis.pdf  . Diakses pada tanggal 23 April 2022.

Khasiat Sari Buah Sirsak Gunung Dan Minuman Probiotik Buah Sirsak Gunung (Annona Montana)Untuk Menurunkan Kadar Asam Urat. https://jpa.ub.ac.id/index.php/jpa/article/view/637/483. Diakses pada tanggal 23 April 2022.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.