Inilah 4 Dampak Negatif Penggunaan Gadget

Teman Sehat, siapa diantara kamu yang ngga punya gadget? Yap, di era yang serba digital ini, pasti semua orang punya gadget dan ngga bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari. So, berapa lama kamu menatap layar gadget dalam sehari? Pasti kamu ngga ingat, bahkan ngga menghitungnya. Tetapi, tahukah kamu jika gadget memiliki dampak negatif kepada kesehatan? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Kesehatan mata terganggu

Layar gadget memiliki blue light (sinar biru) yang bisa merusak retina mata bila terpapar dalam waktu lama. Jangankan sepanjang hari, satu jam melihat layar gadget bisa menyebabkan otot mata tegang dan mata menjadi kering, loh! Jika terus dibiarkan, maka akan berdampak serius pada penglihatan.

Hingga saat ini, banyak orang yang datang memeriksakan diri ke dokter mata dan menyatakan ketidaknyamanan kondisi matanya akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Kamu juga harus pandai membatasi diri, jangan sampai kecanggihan teknologi membuat kamu ‘kebablasan’ dan bisa berujung pada level yang lebih tinggi, yaitu kecanduan gadget.

2. Tubuh mudah terganggu kesehatannya

Terlalu lama melihat layar gadget bukan saja menyebabkan lupa waktu, tapi juga mengganggu metabolisme tubuh kamu, loh! Menurut penelitian yang dilakukan oleh Shoo Thien Lee, seseorang yang berfokus kepada gadget akan cenderung menerapkan gaya hidup asal-asalan, seperti makan sembarangan, kurang tidur, malas olahraga hingga rentan stres. Akibatnya, rentan terganggu kesehatannya dan memicu beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

3. Otak menjadi menyusut

Seseorang yang gemar melihat layar gadget dalam waktu lama punya kecenderungan yang menurun untuk melakukan kegiatan berpikir. Hal ini bisa dilihat dari perubahan perilakunya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Petra Maressova, sesorang yang sering menggunakan gadget cenderung suka menyendiri, kurang interaksi, jarang bergaul dan lebih suka melamun. Dampaknya yaitu kinerja otak jadi berkurang dan jika terjadi dalam waktu lama dapat menyebabkan penyusutan otak.

4. Mudah terbawa emosi

Terlalu lama bermain gadget, juga mengindikasikan adanya mudah terjadi perubahan emosil, loh! Kamu akan cenderung menjadi penyendiri atau bahkan menutup diri menjadi antisosial. Hal ini membuat seseorang yang kecanduan gadget dalam waktu lama jadi mudah terbawa emosi dan akan lebih sering marah-marah serta mudah tersinggung.

So, gimana solusinya?

Solusi sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menerapkan konsep 20-20-20. Menurut konsep ini, pandanglah objek yang berada pada jarak sejauh 20 meter selama 20 detik setelah 20 menit melihat layar. Langkah ini bisa kamu lakukan untuk melemaskan otot mata, sekaligus menyeimbangkan kinerja mata. Selain itu, langkah ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan gadget, loh!

Teman Sehat, itulah 4 dampak negatif dan solusi sederhana jika kamu mulai ketergantungan dengan gadget. So, cobalah untuk mulai memanfaatkan gadget lebih wajar dan usahakan untuk ngga menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *