Kaya Gizi, Tingkatkan Potensi Perikanan Indonesia

Tahukah Sahabat Sehat tanggal 21 November ada World Fisheries Day? Membahas ini, kurang afdol kalau ngga menyinggung kondisi perikanan di Indonesia, ya. Sudah jadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan negara maritim, punya pulau dan wilayah perairan yang luas, lengkap dengan hasil laut yang berlimpah. Bukankah hal ini perlu dimanfaatkan? Yuk, update potensi perikanan di Indonesia dan cari tahu perannya dari segi kesehatan!

tingkatkan potensi perikanan Indonesia
Foto: Pexels.com

Peran Perikanan

Bukan hanya Indonesia, perikanan di seluruh dunia memegang peran penting. Pasalnya sektor perikanan bergerak dalam sistem pangan, baik lokal maupun global. World Fisheries Center melansir bahwa perikanan mempekerjakan hingga 120 juta orang yang mana 97% berada pada negara berkembang, sehingga ngga hanya sistem pangan, tetapi juga berkaitan dengan perdagangan, ekonomi, dan pendapatan.

Potensi perikanan  di Indonesia

Indonesia punya banyak jenis ikan, seperti, ikan ekor kuning, kembung, kakap, bandeng, gurami, lele, teri, bawal, nila, tuna, baronang, dan masih banyak lagi. Indonesia kaya sumber daya alam, setuju ngga Sahabat Sehat?

Tahukah kamu? Ekspor ikan tuna Indonesia menempati peringkat ke enam pada tahun 2018. Dikutip dari Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia tahun 2021, ikan tuna, cakalang, dan tongkol punya pangsa pasar yang baik di Amerika Serikat. Ketiga jenis ikan tersebut tersebar hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Basilo, D.A menyatakan Indonesia punya peluang besar pada sektor perikanan, bahkan masuk top 10 dengan potensi perikanan di dunia, baik dari tangkap laut maupun ikan budidaya.

potensi perikanan di Indonesia
Foto: Pexels.com

Gizi dan manfaat  ikan

Ikan merupakan sumber asam amino esensial, protein, omega-3, serta kaya vitamin dan mineral. Dilansir Journal of Health Education, absorbsi protein pada ikan lebih tinggi dibandingkan daging ayam atau sapi, karena ikan punya serat protein yang lebih pendek. Kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan, menjaga imunitas, menjaga kesehatan jantung, dan otak. Faktanya ikan yang tinggi protein ini juga selalu dipromosikan, khususnya untuk anak yang dalam masa pertumbuhan sebagai upaya mencegah stunting.

Sempat jadi topik hangat, tentang kandungan gizi ikan salmon yang tinggi, faktanya kandungan gizi ikan lokal juga tak kalah saing, loh! Setiap ikan memiliki kandungan zat gizi yang berbeda, dikutip dari Tabel Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram ikan tongkol mengandung sekitar 13,7 gram protein, 20 gram protein pada ikan bandeng, 23 gram pada ikan tuna, dan 27 gram pada ikan kembung.

Gimana Sahabat Sehat? Sudah tahu kan kalau Indonesia itu punya potensi besar pada sektor perikanan. Sebagai warga negara Indonesia bukankah kamu bisa mengoptimalkan hal itu? Salah satunya dari segi kesehatan dan gizi, dengan konsumsi beragam jenis ikan, kamu turut membantu upaya diversifikasi pangan, bantu penuhi asupan zat gizi, dan jaga kesehatan. Pilih ikan yang segar dan baik, bersihkan, dan olah dengan tepat, ayo makan ikan!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Biro Komunikasi. Oktober. 2021. Punya Potensi Besar, Deputi Basilio: Indonesia harus Menjadi Trensetter Pengembangan Perikanan Global. https://maritim.go.id/punya-potensi-besar-deputi-basilio-indonesia-harus-menjadi/. Diakses 18 November 2021

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Tabel Komposisi Pangan Indonesia.

Hartanto, T. R., Suharno, S., & Burhanuddin, B. 2021. Daya Saing Ekspor Ikan Tuna-Cakalang-Tongkol Indonesia di Pasar Amerika Serikat. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 24(2), 227-235. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jphpi/article/view/36075. Diakses 19 November 2021

Prameswari, G. N. 2018. Promosi gizi terhadap sikap gemar makan ikan pada anak usia sekolah. JHE (Journal of Health Education), 3(1), 1-6. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/article/view/18379. Diakses 19 November 2021

World Fisheries Day. 2020. https://www.worldfishcenter.org/world-fisheries-day-2020/. Diakses 18 November 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.