Lima Jenis Essential Oil dan Manfaatnya

Hai, Sahabat Sehat, saat ini penggunaan essential oil sebagai aromaterapi banyak digunakan. Bahkan ngga jarang kamu menjumpai berbagai iklan yang  mempromosikan berbagai jenis essential oil beserta manfaatnya. Lalu manakah yang paling cocok untuk kamu gunakan? Yuk daripada kamu penasaran, berikut lima jenis essensial oil dan manfaatnya yang mungkin dapat kamu coba. Check it out!

ragam essential oil dan manfaatnya
Foto: Unsplash.com

Lavender

Bunga berwarna ungu ini tentu sudah ngga asing untuk kamu, dan bahkan beberapa produk kecantikan sering menggunakan lavender sebagai pewanginya. Lavender memiliki kandungan minyak atsiri yang dimana sangat menyegarkan, dan dapat memblokir keinginan untuk mual muntah, memberikan rasa tenang, percaya diri dan damai.

Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan pemberian aromaterapi dengan essential oil lavender dapat mengurangi gejala mual muntah pada ibu hamil pada trimester pertama. Selain itu pemberian aromaterapi lavender melalui diffuser selama satu bulan bisa membantu meningkatkan daya tangkap belajar untuk anak sekolah.

Melati

Aromaterapi dengan essential oil bunga melati dapat memberikan rasa senang, gembira, dan rileks. Hal ini dikarenakan adanya kandungan linalool pada aroma melati yang dapat merangsang hipotalamus untuk menghasilkan zat sedatif yang mampu menurunkan respons rangsangan emosi dari luar atau bersifat sebagai penenang, seperti endorfin, enkefalin, serotonin. Penelitian pada remaja putri menujukkan pemberian aromaterapi melati dapat menurunkan rasa nyeri saat menstruasi dan penelitian lainnya menunjukkan dapat menurunkan rasa nyeri pada pasien setelah mendapatkan operasi pembedahan.

Jeruk masam

Aroma asam dan menyegarkan tentu kamu suka, namun selain baunya yang enak ternyata essential oil jeruk masam juga berguna untuk mengurangi rasa nyeri. Aroma jeruk dapat memberikan rasa tenang, nyaman dan mengurangi stress oksidatif. Kandungan linalool (29.99%) dan limonene (8.42%) sebagai anti ansietas atau bisa mengurangi kecemasan dan bergamot (14.94%) dan farnesol (9.86%) sebagai penenang. Jadi kamu bisa memilih aroma ini jika kamu sedang sakit atau pasca operasi.

Mawar

Kecemasan merupakan suatu kondisi yang sangat mengganggu dan juga sulit dihindari. Namun kamu tidak perlu khawatir penelitian menujukkan bahwa penggunaan 5-10% essential oilsebagai aromaterapi dapat membantu kau untuk mengurangi kecemasan. Aroma mawar yang mengandung citronellol dan phenethyl alcohol dapat  mempengaruhi saraf pusat dan memberikan manfaat sebagai anti kecemasan.

Cendana

Aromaterapi cendana yang menenagkan bisa mengurangi depresi, mengatasi sulit tidur, stress, hingga mengurangi perasaan sedih, selain itu juga bisa digunakan saat meditasi. Ada pula penelitian yang telah membuktikan bahwa menghirup aroma cendana dapat memberikan pengaruh autogenik relaksasi yang memberikan keadaan rileks dan nyaman sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Berikut beberapa pilihan essenstian oil yang bisa kamu coba dan sesuaikan dengan kondisi yang dialami. Sesekali bersantai sembari menikmati aromaterapi boleh kamu jadikan rutinitas untuk memanjakan diri dan mengurangi stress dari pekerjaan. Selamat mencoba. Semoga sehat selalu, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Literature Review: Pemberian Aromaterapi Essential Oil Lavender Terhadap Emesis Gravidarum Pada Kehamilan Trimester Pertama. http://180.250.193.171/index.php/borticalth/article/view/1687. Diakses pada 25 September 2021.

Terapi Komplementer Essential Oil Lavender Terhadap Peningkatan Daya Tahan Tubuh Dan Daya Tangkap Anak Prasekolah. https://jurnal.stikesmus.ac.id/index.php/JKebIn/article/view/326. Diakses pada 25 September 2021.

Efektifitas Aroma Terapi Jasmine Terhadap Intensitas Nyeri Post Laparatomi Di Rsud Padang Pariaman. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/131. Diakses pada 25 September 2021.

Efek Pemberian Aromaterapi Jeruk Masam Terhadap Intensitas Nyeri Pasca Bedah Sesar. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/128/125.  Diakses pada 25 September 2021.

Pengaruh Inhalasi Aromaterapi Mawar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Fraktur Ekstremitas. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/585.  Diakses pada 25 September 2021.

Pengaruh Autogenik Relaksasi dan Aromaterapi Cendana terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi. http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6406. Diakses pada 25 September 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.