Menu Enak Lebaran Bikin Kalap Makan?

Halo Teman Sehat! Saat lebaran tiba adalah saatnya banyak makanan disajikan di meja makan. Mulai dari ketupat sayur, opor ayam, sampai es buah atau kolak pisang. Eits, tahan dulu! Jangan sampai nafsu makan sesaat membuat kamu kalap ya! Kalap makan bisa bikin berat badan kamu bertambah, parahnya lagi bisa bikin penyakit baru di akhir lebaran, loh.

Lalu gimana sih tips agar nafsu makan bisa terkontrol dan ngga kalap makan saat lebaran? Let’s check it out!

Buah dulu sebelum ke Meja Makan

Makan buah sebelum mengonsumsi makanan lain bisa meningkatkan kepuasaan dan menurunkan nafsu makan. Dengan begitu, kamu ngga kalap ketika melihat berbagai makanan lezat khas lebaran yang terhidang di atas meja. Makan buah secara rutin ternyata juga bisa menurunkan berat badan, loh. Selain itu, buah juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral sehingga mampu memenuhi kebutuhan zat gizi harian. Ngga kalah penting, buah bisa meningkatkan imunitas tubuh di saat banyak sekali ancaman penyakit seperti saat sekarang ini.

Buah bisa dipilih berdasarkan kesukaan serta disiapkan sesuai selera masing-masing. Pastikan buah tersebut sudah disiapkan sebelum mata kamu menuju meja makan ya. Buah potong atau buah dingin yang segar menjadi alternatif pilihan sebelum menyantap makanan lain. Jus buah tanpa gula atau dengan tambahan sedikit gula juga bisa menjadi pilihan kamu, Teman Sehat.

Porsi kecil lebih baik

Cara lain agar ngga kalap makan yaitu mengambil porsi sesedikit mungkin. Kamu tetap bisa menikmati makanan lebaran dengan mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kalau takut tetap kalap makan, ambil piring atau mangkuk dengan ukuran kecil agar porsi makanan dapat diatur sesedikit mungkin. Studi menyebutkan bahwa piring yang lebih kecil bisa membuat seseorang lebih puas mengonsumsi makanan dan cenderung makan dengan jumlah sedikit.

Sibukkan diri dengan bercengkrama

Lebaran adalah saat dimana anggota keluarga berkumpul dan bersilaturahmi. Daripada sibuk mengunyah makanan dan membuat berat badan kamu bertambah, lebih baik alihkan aktivitas dengan bercengkrama bersama keluarga. Meskipun sekarang suasananya berbeda karena pandemi Covid-19, kamu tetap bisa menyambung silaturahmi dengan cara video call, telepon, atau sekadar mengirim pesan.

Nah, itulah tips-tips agar kamu ngga kalap makan saat lebaran. Setelah lebaran, Teman Sehat harusnya jadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit sebagai efek dari berpuasa selama sebulan.  Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *