Seprai Tepat, Kualitas Tidur Optimal

Halo, Sahabat Sehat! Pasti sebagian besar dari kamu pernah membeli seprai. Nah, saat itu apa sih dasar pertimbangan untuk memilih seprai? Apakah harga, merk, kualitas yang sesuai budget? Atau mungkin aspek lain seperti warna, motif supaya match dan mempercatik ruang tidur? Lalu, bagi kamu yang cenderung memilih seprai dengan alasan aestetik, ternyata seprai juga mampu memberikan kualitas tidur optimal, loh! Mau tahu alasannya, check this out!

cara memilih seprai
Foto: Pixabay.com

Tidur sama pentingnya dengan mengonsumsi gizi seimbang dan olahraga untuk penerapan hidup sehat. Dilansir dari Tomorrow Team, Cheri D. Mah seorang dokter dan peneliti di University of California San Francisco mengemukan pentingnya tidur optimal bagi setiap orang supaya bisa berada pada kondisi terbaik. ”Tidur bisa meningkatkan kemampuan motorik dan belajar, serta esensial untuk mengoptimalkan performa kognitif, seperti waktu bereaksi dan pengambilan keputusan”. Lebih lanjut Mah, mengatakan bahwa lingkungan tidur yang baik haruslah seperti suasana gua yang gelap, tenang, dingin dan nyaman. Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur minimal 7 jam, sedangkan bagi atlet dewasa minimal 8 jam atau lebih.

Berbicara mengenai aspek kenyamanan untuk tidur, salah satu caranya bisa diperoleh dari penggunaan seprai yang tepat. Kabar baiknya seprai berkualitas bukan berarti harus berharga mahal. Guna mendapatkan seprai yang sesuai, National Sleep Foundation memberikan 4 tips wajib dalam pemilihan seprai dan perawatannya.

Tingkatkan kualitas tidur dnegan memilih seprai yang baik
Foto : Pixabay.com

Pertimbangkan thread count

Thread count merupakan jumlah benang per inci persegi dari kain. Semakin tinggi nilai thread count, maka semakin lembut seprai tersebut. Tapi, sebaiknya hindari thread count lebih dari 400 utamanya saat musim kering dikarenakan justru bisa memerangkap panas tubuh karena udara sulit menembus pintalan benang. Rentang ideal untuk seprai adalah 200 – 400 yang menghadirkan kombinasi sempurna untuk tidur, yakni lembut dan terasa halus di kulit serta sejuk.

Berhati-hati memilih jenis kain

Jika kamu cenderung mudah berkeringat atau mudah kepanasan di malam hari, pilihlah material alami (katun, cotton bamboo, atau linen), dikarenakan jenis kain ini memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan terasa lebih sejuk.

Coba lebih dahulu

Sebelum membelinya, kamu bisa mencoba terlebih dahulu dengan merasakan bagaimana tekstur kain saat menyentuh kulit. Jika tekstur kain kasar dan terasa gatal, maka bisa dipastikan kain seprai ini ngga akan nyaman digunakan untuk tidur.

Cuci secara berkala

Supaya kondisi dan kebersihan seprai terjaga, cucilah menggunakan air hangat setidaknya sekali dalam seminggu untuk mematikan bakteri dan menghilangkan kotoran.  Hindari menjemurnya langsung di bawah terik atau suhu tinggi (kecuali jika instruksi pada kemasan berbeda) dan menggunakan pelembut pakaian saat mencuci seprai, zat kimia pada pelembut pakaian justru bisa mempercepat bahan seprai menjadi lebih cepat usang dan kasar.

Nah, Sahabat Sehat! Sekarang sudah tahu kan bahwa kain seprai berpengaruh pada kualitas tidur. Setelah ini jika berbelanja gunakan 4 tips di atas untuk mendapatkan seprai terbaik yang sesuai untukmu. Semoga kamu bisa tidur lebih nyenyak dan nyaman, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

National Sleeping Foundation. 2021. The surprising way your bedding can boost your sleep. https://www.sleep.org/choosing-sheets/. Diakses 19 Juli 2021.

Tomorrow Team. 2018. Meet Cheri Mah, the Scientist Behind Game-Winning Sleep. https://www.tomorrowsleep.com/cheri-mah-sleep-athletic-performance. Diakses 19 Juli 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.