Stress Menghadapi Seleksi CPNS? Yuk, lakukan ini!

Teman Sehat, ikut seleksi masuk CPNS tahun ini ngga? Yap, hampir semua orang ingin mengikuti seleksi ini. Salah satu alasannya, karena bisa menjamin masa depan kamu. Ada sekitar 238.015 peserta yang akan ditempatkan di instansi pusat ataupun daerah. Para peserta CPNS, pasti akan berusaha dengan belajar lebih giat, supaya bisa lulus menjadi PNS.

Terkadang, hal ini mempuat para peserta menjadi mudah stres dan lalai menjaga kesehatannya. Seperti tidur lebih malam dan pola makan ngga teratur yang akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Lalu gimana ya, cara menyiasatinya? Mau tau? Let’s check it out!

Berusaha Tenang

Walaupun rasanya hal ini sulit buat diatur, tapi rasa tegang dan cemas yang kamu rasakan bisa lebih terkontrol, loh! Hindari semua perasaan negatif dan berpikirlah positif. Mulailah atur pernapasan, agar kamu merasa lebih tenang.

Pernapasan yang baik adalah dengan menarik napas secara perlahan dan dalam menggunakan diafragma (otot dalam proses pernafasan), kemudian tahan di perut sebentar. Setelah itu, keluarkan secara perlahan.

Konsumsi makanan bergizi

Saat stres, biasanya kamu akan mengalami perubahan pola makanan. Tapi, ingat ya! Tetap makan tiga kali sehari dan jangan lupakan sarapan. Sarapan bisa membantu memulihkan energi, sehingga kamu akan lebih bersemangat memulai hari.

Jangan lupa, konsumsilah makanan yang bergizi dan beragam. Menurut Stough, dalam Nutrition Jurnal, makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan, bisa mencegah dan mengurangi efek stres. Kamu bisa mengonsumsi makanan ini, seperti sayuran hijau, buah berry dan buah-buahan lain.

Istirahat yang cukup

Istirahat itu penting, loh Teman Sehat! Istirahat bisa membuat kamu melupakan sejenak stres yang dirasakan. Selama belajar, pasti waktu tidur dan melakukan hal yang disukai banyak berubah. Nah, kamu bisa meluangkan waktu dengan tidur sejenak atau melakukan hobi yang disukai.

Menurut penelitian di Harvard School of Public Health, melakukan hobi yang kamu sukai, efektif untuk mengurangi stres pada 9 dari 10 responden (93%).  Selain itu, waktu tidur yang cukup, sekitar 5―7 jam akan mebuat tubuh kamu lebih rileks. Pada saat tidur, seluruh otot tubuh akan beristirahat dan saat bangun, tubuh akan terasa lebih segar.

Olahraga, bisa meningkatkan kebugaran

Menjaga kesehatan menjelang waktu ujian termasuk dalam persiapan ujian, loh! Salah satunya dengan berolahraga. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa berolahraga 30 menit dalam sehari, bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, menurut peneliti asal Finlandia dalam jurnal Neuropsychopharmacology, olahraga bisa merangsang produksi hormon endorphin yang akan membuat kamu merasa gembira.

Nah, kalian sudah tahu kan bagaimana caranya melawan stres ssat menghadapi seleksi CPNS. Selain beberapa hal di atas, jangan lupa atur jadwal belajar kamu dan berdoa meminta restu kepada yang Maha Kuasa agar dimudahkan dalam seleksi. Yuk, coba terapkan beberapa hal tadi, supaya mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga sukses, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *