Tetap Bahagia dengan Konsumsi 3 Makanan Ini!

Foto: Freepik.com

Halo, Teman Sehat! Tahukah kamu kalau makanan yang dikonsumsi ternyata bisa mempengaruhi mood? Menjalani kegiatan di masa pandemi seperti sekarang yang serba online pasti bikin kamu lama-kelamaan jadi suntuk dan stress. Nah, salah satu cara untuk membuat kamu kembali ceria yaitu dengan meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Apa itu Serotonin?

Serotonin merupakansalah satu hormon yang bertugas untuk menjaga stabilitas emosi sehingga bisa membuat mood lebih terkendali, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan kecemasan dan depresi. Hormon serotonin di dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi bahan makanan yang kaya dengan kandungan asam amino esensial khususnya triptofan.

1. Cokelat

chopped chocolate
Foto: Unsplash.com

Cokelat memang telah terkenal julukannya sebagai makanan peningkat mood. Ini dikarenakan cokelat kaya akan kandungan senyawa antioksidan berupa flavanol yang baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan otak. Selain itu, cokelat juga mengandung asam amino triptofan yang bisa meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh.

Selain itu penelitian tahun 2017 juga telah membuktikan bahwa, kandungan senyawa alkaloid yang terdapat dalam coklat berupa feniletilamin ternyata mampu meningkatkan produksi dopamine dan endorphin sehingga bisa  mengurangi rasa stress dan mendorong timbulnya rasa senang. Mengonsumsi cokelat rendah gula seperti dark chocolate akan lebih disarankan.

2. Telur

seven brown eggs on tray
Foto: Unsplash.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Maastricht University, protein yang terkandung di dalam telur mampu meningkatkan ketersediaan asam amino triptofan secara signifikan yang kemudian akan diubah menjadi serotonin di dalam tubuh.

Serotonin akan merangsang fungsi sel-sel otak yang mengendalikan siklus tidur dan mood. Kualitas tidur dan suasana hati akan menjadi lebih baik sehingga rasa stress dapat teratasi.

3. Yogurt

strawberry ice cream in clear glass cup
Foto: Unsplash.com

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi yang memiliki rasa asam khas dan biasanya mengandung probiotik didalamnya. Probiotik telah dikenal sebagai bakteri baik yang banyak memberikan manfaat bagi tubuh terutama bagi kesehatan saluran cerna dan meningkatkan kekebalan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Ternyata, mengonsumsi probiotik juga baik untuk kesehatan otak, loh!

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Food and Nutrition Journal, konsumsi yogurt secara rutin mampu meningkatkan kadar serotonin dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Tapi, dengan catatan konsumsi yogurt dilakukan bersamaan dengan aktifitas fisik rutin, sehingga efeknya bisa dirasakan lebih optimal. Selain itu, menurut artikel yang dimuat pada laman Harvard Medical School, konsumsi probiotik juga mampu memberikan efek relaksasi sehingga mengurangi rasa cemas dan stress.

Nah, Teman Sehat cobalah untuk merelaksasikan pikiran dan istirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Selain itu, makan dengan teratur dan olahraga yang cukup bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Kelompok Studi Imudermatologi Indonesia. 2016. National Symposium & Workshop. Psychoneuroimmunology in Dermatology.
https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/10772dcb9d4628c154bf72d84712b328.pdf

How to cite (APA): Claresta, L. J., & Purwoko, Y. (2017). PENGARUH KONSUMSI COKELAT TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN PRAUJIAN. DIPONEGORO MEDICAL JOURNAL (JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORO), 6(2), 737-747. https://doi.org/10.14710/dmj.v6i2.18591
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/18591

C. Rob Markus, E. Verschoor, C. Firk, J. Kloek, C.C. Gerhardt. 2010. Effect of tryptophan-rich egg protein hydrolysate on brain tryptophan availability, stress and performance,. Clinical Nutrition. Volume 29, Issue 5. Pages 610-616. ISSN 0261-5614
https://doi.org/10.1016/j.clnu.2010.01.003.
https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0261561410000087

Kim, H. K., Kim, S. H., Jang, C. S., Kim, S. I., Kweon, C. O., Kim, B. W., & Ryu, J. K. (2018). The combined effects of yogurt and exercise in healthy adults: Implications for biomarkers of depression and cardiovascular diseases. Food science & nutrition, 6(7), 1968–1974. https://doi.org/10.1002/fsn3.772
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6189615/

Harvard Health Publishing. 2019. Probiotics may help boost mood and cognitive function
https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/probiotics-may-help-boost-mood-and-cognitive-function
Diakses pada 15 Juni 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.