Yuk, Kenali Manfaat Bit bagi Kesehatan!

Teman Sehat, tahukah kamu buah bit? Buah ini merupakan jenis umbi-umbian berwarna merah tua yang kaya manfaat, mulai dari antioksidan hingga antiradang. Manfaat bit pun sudah terkenal di dunia, loh. Yuk, simak serba-serbi buah bit berikut ini!

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Buah bit bisa  dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu. Saat ini, buah bit sering digunakan dalam olahan jus, loh. Seperti campuran jus apel, jeruk, dan sebagainya. Mengingat buah bit adalah umbi, jadi ada rasa sedikit tanah meskipun ngga terlalu kuat. Tetapi hal tersebut bisa disiasati saat pengolahan.

Smoothie, Fruit, Vegetables, Salad Beetroot Carrots
sumber: pixabay.com

Selain dikonsumsi, buah bit juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami karena mengandung pigmen betalains. Buah bit tergolong dalam superfood, yaitu kelompok makanan yang kaya gizi. Tak hanya itu, buah bit juga rendah kalori sehingga cocok digunakan dalam menu diet penurunan berat badan.

Apa saja manfaat bit?

Berikut ini beberapa manfaat bit yang bisa kamu dapatkan:

Beetroot, Vegetables, Beets, Root Vegetables, Food, Bio
sumber: pixabay.com
  • Sebagai antioksidan

Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas yang mampu merusak sel tubuh.

  • Menambah stamina

Kandungan nitrat buah bit bisa membantu sel tubuh menghasilkan energi sehingga mampu menambah stamina. Konsumsi buah bit rutin dapat membuat proses pembakaran oksigen di tubuh berkurang sehingga rasa lelah setelah berolahraga juga bisa berkurang. Oleh karena itu, jus bit populer di kalangan para atlet.

  • Menurunkan tekanan darah 

Kandungan nitrat yang tinggi pada buah bit dapat menurunkan tekanan darah. Jadi, buah bit bisa jadi alternatif makanan untuk membantu menangani hipertensi.

  • Mencegah anemia 

Buah berwarna merah pekat ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi membantu regenerasi sel darah merah dan menyuplai oksigen untuk sel darah merah. Jadi, buah bit dapat membantu mencegah anemia secara alami, loh!

  • Sebagai antiradang

Peradangan merupakan respon tubuh terhadap kondisi tertentu. Peradangan yang berlangsung terlalu lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan, seperti kerusakan jaringan tubuh. Nah, buah bit dapat mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh, sehingga kerusakan pun mampu dicegah.

Wah, ternyata banyak ya manfaat buah bit. Yuk, coba konsumsi buah bit untuk kesehatan yang lebih baik! Stay healthy! Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Referensi

Beetroot Juice Boosts Stamina, New Study Shows University of Exeter. (2009, August 7). Beetroot Juice Boosts Stamina, New Study Shows. ScienceDaily. Diakses pada 16 Mei 2021

Beetroot Juice Supplements May Help Certain Heart Failure Patients Indiana University. (2018, February 22). Beetroot juice supplements may help certain heart failure patients. ScienceDaily. Diakses pada 16 Mei 2021

Daily Dose of Beetroot Juice Improved Endurance and Blood Pressure Wake Forest Baptist Medical Center. (2016, February 11). Daily dose of beetroot juice improved endurance and blood pressure: Study shows benefit in patients with heart disease. ScienceDaily. Diakses pada 16 Mei 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.