Yuk, Ketahui Manfaat Mengonsumsi Jeruk Mandarin!

Halo, Teman Sehat! Pernahkah kamu mengonsumsi jeruk mandarin? Yap, jeruk mandarin (Citrus reticulate) memiliki bentuk seperti jeruk pada umumnya tetapi ukurannya lebih kecil. Sebagian besar jeruk jenis ini memiliki rasa yang manis, berwarna oranye terang, dan mudah dikupas. Jeruk ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja, ya? Yuk simak penjelasannya di sini!

1. Kandungan zat antioksidan

Jeruk mandarin memiliki kandungan zat flavonoid (zat antioksidan) yang dominan yaitu tangeritin, hesperidin, narirutin dan vitamin C. Menurut beberapa penelitian, zat tangeritin bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, loh! Seperti menghambat pertumbuhan sel-sel leukimia dan melindungi sel dari efek pembentukan sel kanker.

Selain itu, kandungan zat hesperidin pada jeruk mandarin membantu pembentukan kolagen bersama vitamin C di dalam tubuh, loh! Berdasarkan studi yang dipbulikasikan dalam Journal of Food Composition and Analysis, kandungan hesperidin pada jeruk mandarin lebih unggul dibandingkan buah jeruk jenis lainnya, termasuk jeruk lemon.

Seiring bertambahnya usia, pemecahan kolagen di dalam tubuh terjadi secara cepat. Hesperidin memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas, seperti polusi udara, bahan kimia, penyakit, dan lainnya.

2. Merasa lebih kenyang

Jeruk mandarin mengandung serat larut yang bisa memperlambat pencernaan, sehingga perut terasa kenyang dalam waktu yang lama. Serat larut akan membentuk gel di saluran penceranaan, sehingga bisa menarik air ke usus untuk melunakkan feses,. Nah, proses inilah yang membuat kamu lebih mudah untuk buang air besar (BAB) mencegah sembelit. Kandungan serat pada satu buah jeruk ini yaitu 2 g.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan zat kalium (K) di dalam buah jeruk mandarin membantu menstabilkan tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi. Selain itu, kandungan zat magnesium (Mg) juga berperan dalam membantu mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Tips mengolahnya!

  • Membuat salad buah dengan campuran buah-buahan, seperti jeruk mandarin, nanas, stroberi, dan anggur
  • Menambahkan beberapa irisan jeruk ke salad saat makan siang atau makan malam dan lengkapi jeruk dengan keju atau saus
  • Membuat jus dengan jeruk mandarin tanpa bahan pengawet dan pemanis tambahan
  • Buah bisa disimpan di tempat yang sejuk hingga 1 minggu
  • Jangan mencuci buah sebelum disimpan, karena keadaan basah bisa mendorong pertumbuhan jamur yang akan merusak buah

Nah, berdasarkan informasi di atas, tentunya Teman Sehat sudah tahu kan, manfaat mengonsumsi buah ini bagi tubuh? Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang beragam dan bergizi, ya! Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *