Yuk, Petik Manfaat dari Tidur Berkualitas

Hai, Sahabat Sehat! Tidur merupakan kegiatan yang bisa membuat kamu merasa sehat dan bugar atau justru sebaliknya, membuat lemas dan malas. Output tidur yang kamu harapkan tentunya membuat segar bugar, merasa full energy seperti habis di-charge dong? Karena itu semua menjadi bekal penting untuk menjalani hari.

menjaga kualitas tidur
Foto: Pixabay.com

Apabila saat bangun tidur tubuh justru menjadi pegal dan bikin malas beraktivitas, gimana? Nah, kamu bisa saja “salah tidur”. Apakah jam tidur kamu udah cukup atau mungkin berlebih? Apakah tidur kamu sudah berkualitas? Yuk cari jawabannya di bawah ini. Check it out!

Seperti apa tidur berkualitas itu?

Kualitas tidur terdiri dari beberapa aspek pembangun yaitu, durasi, efisiensi tidur, gangguan tidur, konsumsi obat tidur, dan lainnya. Tidur yang berkualitas itu ketika kamu tidur dengan durasi yang tepat, tanpa terbangun karena gangguan selama kamu tidur, dan terbangun dengan badan yang terasa lebih segar.

Biasanya sebelum tidur, banyak orang yang bermain ponsel entah itu chatting, main media sosial, atau bahkan nge-check email. Kalau begini, nanti ujung-ujungnya ngga jadi tidur deh, iya ngga? So, ketika hendak tidur, jauhkan ponselmu, tenangkan pikiran, dan jangan terlalu memikirkan masalah menjelang tidur.

menjaga kualitas tidur
Foto: Pixabay.com

Jika kurang tidur, apa yang terjadi?

Memangnya waktu tidur yang ideal itu berapa jam? Menurut Kemenkes RI, kebutuhan tidur akan terus menurun seiring bertambahnya umur, pada lansia yaitu sekitar 6 jam per hari. Nah, untuk usia dewasa (18-40 tahun) jumlah kebutuhan tidur adalah 7-8 jam/hari. Padatnya kesibukan orang dewasa memungkinkan waktu tidurnya kurang dari 7-8 jam/hari. Hal ini berkaibat pada beberapa hal mulai dari turunnya konsentrasi, fokus, dan ingatan, muncul berbagai masalah kesehatan seperti stres, obesitas, dan berbagai penyakit tak menular lainnya. Kurang tidur juga bisa membuat kulit terlihat lebih tua, terlihat pucat dan kusam loh!

Tidur berkualitas untuk capai suksesmu

Efisiensi tidur dianggap penting untuk pemulihan, pemrosesan kognitif, dan integrasi memori. Waktu tidur di malam hari yang ngga teratur berdampak pada rasa kantuk dan kegagalan dalam akademis. Ngga hanya sekadar di bidang akademik, dalam hal professional kerja rasa kantuk ketika rapat atau bertugas juga bukan hal yang baik kan? So, untuk mencapai suksesnya tujuan kamu, menjaga kualitas tidur juga penting ya. Jangan sampai sering tidur larut malam karena menonton series atau scroll social media, guys!

Nah, dengan memperhatikan kualitas tidur, kamu bisa lebih berkonsentrasi, fokus, serta bersemangat untuk mencapai tujuan dan hasil yang diimpikan. Biasakan pula bangun tidur di pagi hari dan jangan lupa sempatkan berolahraga. Hidup sehat dengan tidur berkualitas, untuk capai prestasi, yass!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Dhamayanti M, Faisal, Maghfirah EC. 2019. Hubungan kualitas tidur dan masalah mental emosional pada remaja sekolah menengah. Sari Pediatri. 20(5): 283-288. https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/1493/pdf

Pusat Pelayanan Tes dan Konsultasi Psikologi (P2TKP). 2020. Tidur Berkualitas dan Kesehatan Psikologis. Diakses 11 Januari 2022. https://usd.ac.id/pusat/p2tkp/tidur-berkualitas-dan-kesehatan-psikologis/

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI). Istirahat Cukup. Diakses 11 Januari 2022. https://promkes.kemkes.go.id/wp-content/uploads/pdf/publikasi_materi_promosi/Informasi%20CERDIK/6.%20Istirahat%20Cukup_285x285mm.pdf

Jalali R, Khazaei H, Paveh BK, Hayrani Z, Menati L. 2020. The effect of sleep quality on students academic achievement. Advances in Medical Education and Practice. 2020(1): 497-502. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7381801/pdf/amep-11-497.pdf

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.