Yuk, Ketahui 5 Tips Supaya Lebih Bugar!

Teman sehat, apakah kamu pernah merasa gampang lelah padahal ngga melakukan aktivitas yang begitu banyak? Nah, bisa jadi itu karena kamu jarang berolahraga atau  melakukan aktivitas fisik. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Kebugaran jasmani

aktivitas untuk tingkatakan kebugaran tubuh
Foto: Pixabay.com

Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan atau aktivitas tanpa membuat orang tersebut mengalami kelelahan yang berarti.  Kebugaran jasmani seseorang juga dipengaruhi oleh asupan makanan, aktivitas fisik, usia, jenis kelamin, komposisi tubuh dan istirahat yang cukup, loh!

Aktivitas fisik bisa dilakukan dalam waktu 30 menit yang bisa dilakukan setiap hari atau minimal 3-5 kali seminggu. Selain olahraga yang cukup, waktu tidur yang cukup juga penting untuk membuat tubuh kamu bugar.

Manfaat aktivitas fisik untuk kebugaran

manfaat aktivitas fisik untuk kebugaran
Foto: Pixabay.com

Aktivitas fisik atau olahraga dengan intesitas dan waktu yang cukup memiliki manfaat:

  1. Memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik. Olahraga yang rutin akan meningkatkan status kebugaran seseorang.
  2. Aktivitas fisik yang sesuai akan meningkatkan HDL (kolestrol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolestrol jahat). Nah olahraga yang teratur bisa menghindari resiko penyakit kardiovaskular.
  3. Mempengaruhi tingkat stres. Olahraga yang teratur bisa menurunkan kadar hormon stres dan membuat perasaan bahagia pada seseorang.
  4. Mencegah pengeroposan tulang bagi lansia. Lansia dengan aktifitas fisik yang rutin dapat mencegah pengereposan tulang. Kegiatan yang bisa dipilih bisa disesuaikan dengan kemampuan seperti jalan kaki selama 30 menit.
  5. Menurunkan berat badan. Nah, buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, kamu bisa melakukan aktivitas fisik yang terukur. Tapi, jangan lupa untuk dibarengi denganmengontrol makanan, ya.

Tips melakukan aktivitas fisik supaya bugar

tips melakukan aktivitas fisik supaya bugar
Foto: Pixabay.com

Buat kamu yang baru memulai untuk melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang rutin, berikut tips yang bisa kamu lakukan:

  1. Tentukan tujuan dan target yang ingin kamu capai. Nah, kamu harus niatkan dari awal aktivitas fisik yang kamu jalani ini memang untuk kesehatan diri sendiri . Jadi kamu bisa melakukannya dengan senang hati.
  2. Kamu bisa pilih olahraga yang cocok dengan kamu. Intesitas dan durasi latihannya juga harus sesuai kemampuanmu. Untuk permulaan kamu ngga boleh memforsir dirimu karena ini akan berakibat fatal, loh! Aktivitas fisik yang berlebihan akan meningkatkan asam laktat yang akan menyebabkan kelelahan berkepanjangan. Kamu bisa pilih jogging, sepeda atau yang lainnya sesuai hobimu!
  3. Tentukan jadwal dan waktu yang tepat untuk olahraga. Aktivitas fisik selama 30 menit sangat disarankan namun bisa disesuaikan dengan waktu yang kamu punya. Kamu bisa membagi waktunya seperti 15 menit olahraga di pagi hari dan 15 menit olahraga di sore hari.
  4. Kamu bisa menggunakan musik untuk menemanimu berolahraga. Ini salah satu cara suapaya kamu lebih bersemangat saat olahraga.
  1. Makanan gizi seimbang. Nah, yang ngga lupa juga kamu perlu tetap memperhatikan pola makanmu. Sebaiknya hindari makanan tinggi lemak.

Nah teman sehat itulah, 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Jangan lupa untuk tetap enjoy dalam menjalaninya, ya. Tunggu apalagi, yuk olahraga biar lebih bugar!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Wantona, D., Ifwandi, N. Amir. 2016. Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Petani Kopi Di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah. 2 (4) : 314 – 322.
https://media.neliti.com/media/publications/188154-ID-evaluasi-tingkat-kebugaran-jasmani-petan.pdf

Tamher, L., Fitri, M., & Pitriani, P. 2020. Aktivitas Fisik Animo Wanita Masa Kini dalam Menurunkan Berat Badan. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga3(2), 189-196.
http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1726329&val=12094&title=AKTIVITAS%20FISIK%20ANIMO%20WANITA%20MASA%20KINI%20DALAM%20MENURUNKAN%20BERAT%20BADANarticle.php (ristekdikti.go.id)

Penggalih, M. H., Sofro, Z. M., Solichah, K. M., & Ibtidau. 2021. Gizi Olahraga II: Respons Adaptas Biokimia Dan Fisiologi Atlet. UGM PRESS.

Andalasari, R., & Berbudi BL, A. (2018). Kebiasaan olah Raga berpengaruh terhadap tingkat stress mahasiswa poltekkes kemenkes Jakarta III. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan5(2), 179-191. https://doi.org/10.32668/jitek.v5i2.11

Said Junaidi. 2011. Pembinaan Fisik Lansia melalui Aktivitas Olahraga Jalan Kaki.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/1130

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.