Inilah Diet Ornish dan Berbagai Manfaatnya!

Sahabat Sehat, diet Ornish pernah menjadi diet populer di tahun 2019. Berbagai manfaat yang pernah diteliti mulai dari menurunkan berat badan hingga membantu mengurangi risiko berbagai penyakit. Menurut Ahli, diet ini lebih mudah dilakukan karena ngga perlu menghitung jumlah asupan kalori setiap hari seperti kebanyakan jenis diet. Yuk, simak berbagai informasinya di sini!

Apa itu diet Ornish?

Diet Ornish merupakan diet rendah lemak menggunakan prinsip lacto-ovo-vegetarian (vegetarian yang diperbolehkan mengonsumsi susu dan telur) meskipun jumlahnya tetap dibatasi. Jenis diet ini berfokus pada konsumsi bahan pangan nabati, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, dan polong-polongan. Dilansir dari Healthline, skor keselurhan diet Ornish adalah 4,08 per 5.

Orang Yang Memegang Sayur Yang Diiris
Sumber: Pexels.com

Diet Ornish dibuat, diteliti, dan dikembangkan oleh Dr. Dean Ornish, seorang dokter, peneliti, dan pendiri Preventive Medicine Research Institute di Sausalito, California. Diet ini telah terbukti secara ilmiah mampu membantu memperbaiki kondisi penyakit jantung koroner parah, diabetes tipe 2, hiperkolesterolimia, tekanan darah tinggi, serta kanker prostat stadium awal pada penelitian Dr. Ornish dan tim.

Bagaimana aturannya?

Seperti aturan vegetarian pada umumya, jenis diet ini melarang konsusmi daging dan ikan, sedangkan makanan berlemak tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur diperbolehkan dalam jumlah terbatas. Susu dan yogurt tanpa lemak diperbolehkan sebanyak 2 porsi sehari. Telur bisa dikonsumsi namun hanya bagian putihnya saja.

Lemak yang berasal dari biji-bijian dan kacang-kacangan diberi porsi sebesar 10% dari total asupan kalori harian, sementara lemak yang bukan berasal dari kedua bahan pangan tersebut ngga dianjurkan. Banyaknya yaitu sekitar 3 porsi atau kurang dengan ukuran satu porsi kurang dari 3 gram lemak. Minuman berkafein, gula, alkohol, dan makanan kemasan juga perlu dibatasi.

Selain aturan konsumsi, pelaku diet Ornish juga disarankan untuk melakukan olahraga sekurang-kurangnya 30 menit sehari.

Manfaat bagi kesehatan

Diet Ornish diklaim fleksibel dan mudah dilakukan dibandingkan jenis diet lainnya. Dr. Ornish menyebutkan bahwa ngga ada jenis makanan yang dilarang kecuali jenis bahan pangan hewani tertentu, seperti daging dan ikan. Aturan ini membuat diet bertahan lama sehingga bisa didapatkan manfaat optimal. Berikut berbagai manfaat diet Ornish berdasarkan riset yang pernah dilakukan:

Foto stok gratis berduri, darah, diabetes
Sumber: Pexels.com

Menurunkan berat badan

Menurut sebuah studi yang diikuti 20 orang yang melakukan diet Ornish dalam 1 tahun terbukti bahwa rata-rata berat badan mereka turun sebesar 3,3 kg. Penurunan ini lebih besar dibandingkan diet Atkins, Weight Watchers, Zone Diet. Studi lain menyebutkan bahwa sebanyak 76 orang yang juga melakukan diet Ornish mengalami penurunan berat badan rata-rata 2,2 kg dalam 1 tahun.

Membantu mencegah penyakit

Berbagai jenis diet vegetarian berhubungan dengan penurunan risiko kanker lambung, kanker kolorektal, kanker prostat, dan kanker payudara. Penelitian lain juga menunjukkan hubungan antara diet vegetarian dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes. Hal ini disebabkan karena pemilihan makanan rendah lemak dan mengutakan jenis-jenis lemak baik.

Sahabat Sehat, diet sebaiknya dilakukan berdasarkan kondisi kesehatan masing-masing. Jika kamu menderita penyakit yang membutuhkan anjuran gizi tertentu sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan pelayanan paling tepat. Pada dasarnya, anjuran gaya hidup sehat sudah ada di Pedoman Gizi Seimbang. Kamu bisa menerapkan sesuai aturan porsi makan, olahraga, dan aktivitas hidup sehat yang telah ada di dalamnya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Healthline. 2019. The Ornish Diet: Can It Improve Health and Aid Weight Loss? https://www.healthline.com/nutrition/ornish-diet-review#the-diet

Ornish Lifestyle Medicine. Delicious & Nutritious Ingredients for Reversal. https://www.ornish.com/proven-program/nutrition/

Ornish Lifestyle Medicine. The Scientific Foundation of Ornish Lifestyle Medicine – Research Highlights.
https://www.ornish.com/proven-program/the-research/

Gardner, C. D., Kiazand, A., Alhassan, S., Kim, S., Stafford, R. S., Balise, R. R., Kraemer, H. C., & King, A. C. (2007). Comparison of the Atkins, Zone, Ornish, and LEARN diets for change in weight and related risk factors among overweight premenopausal women: the A TO Z Weight Loss Study: a randomized trial. JAMA, 297(9), 969–977. https://doi.org/10.1001/jama.297.9.969

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.