Belum Tentu Buruk, Simak Peran Lemak pada Makanan!

Foto: Unsplash.com

Teman Sehat, kamu pasti udah ngga asing dengan istilah lemak, kan?

Yap, lemak merupakan komponen yang umum ditemukan pada makanan. Tapi, selama ini komponen lemak sering dianggap buruk oleh masyarakat. Walaupun bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, ternyata lemak juga memiliki peran baik bagi tubuh bila dikonsumsi, loh.

Kira-kira, apa ya peran lemak pada makanan? Biar ngga penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah!

Apa itu lemak?

Nah, sebelum menyimak peran lemak pada makanan, yuk kenalan dulu dengan lemak! Jadi, lemak merupakan komponen yang ada pada bahan makanan. Komponen dasar lemak terdiri dari asam lemak dan gliserol yang diperoleh dari hasil hidrolisis lemak. Lemak juga memiliki karakteristik yang khas yaitu bersifat hidrofobik. Artinya, ngga bisa larut dalam air dan hanya larut dalam minyak.

Simak sumber lemak, yuk!

sumber lemak
Foto: Unsplash.com

Berdasarkan sumbernya, lemak bisa dibagi menjadi dua, yaitu lemak yang berasal dari tumbuhan dan hewan.

  1. Sumber lemak dari tumbuhan (lemak nabati): Contoh tumbuhan yang bisa menjadi sumber lemak antara lain kacang tanah, kedelai, kemiri, minyak zaitun, minyak kelapa, dan masih banyak lagi.
  2. Sumber lemak dari hewan (lemak hewani): Adapun contoh sumber lemak hewani antara lain daging, susu, ikan, telur, keju, dan produk turunan hewan lainnya.

Nah, setelah mengetahui sumber lemak, apa aja ya manfaat lemak yang terdapat pada bahan makanan tersebut? Check it out!

Manfaat lemak pada makanan

manfaat lemak pada makanan
Foto: Unsplash.com
  1. Sumber energi: Ternyata lemak bisa digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh, loh! Energi yang terkandung pada lemak akan digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas. Dalam tubuh, lemak mampu menghasilkan energi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan protein dan karbohidrat, yaitu sekitar 9 kkal/gram lemak yang dikonsumsi.
  2. Pelarut vitamin: Berdasarkan kelarutannya, vitamin dibedakan menjadi vitamin larut dalam air (polar) dan larut dalam lemak (non polar). Vitamin yang larut dalam lemak antara lain vitamin A, D, E, dan K. Jadi, lemak pada makanan memiliki peran untuk melarutkan dan mengikat vitamin tersebut.
  3. Memberikan rasa dan aroma khas pada makanan. Terkadang, sifat tersebut ngga bisa diperoleh dari bahan lainnya yang bukan merupakan komponen lemak.

Bagaimana Teman Sehat, apakah sekarang kamu udah mengetahui manfaat lemak pada makanan? Walaupun lemak memiliki banyak manfaat, jangan lupa untuk tetap memperhatikan batasan konsumsi hariannya, ya. Pasalnya, konsumsi lemak yang berlebihan bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti kolestrol dan obesitas. Jangan lupa sebarkan informasi ini, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

I Gusti Putu Ngurah Adi Santika. 2016. Pengukuran Tingkat Kadar Lemak Tubuh Melalui Jogging selama 30 Menit Mahasiswa Putra Semester IV FPOK IKIP PGRI Bali Tahun 2016
https://media.neliti.com/media/publications/296954-pengukuran-tingkat-kadar-lemak-tubuh-mel-dad0d7e8.pdf

Ratu Ayu Dewi Sartika. Pengaruh Asam Lemak Jenuh, Tidak Jenuh dan Asam Lemak Trans terhadap Kesehatan
https://media.neliti.com/media/publications/39637-ID-pengaruh-asam-lemak-jenuh-tidak-jenuh-dan-asam-lemak-trans-terhadap-kesehatan.pdf

Hanum. 2016. Dampak Bahaya Makanan Gorengan Bagi Jantung
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jkss/article/view/4700

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.