Biasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini

Hai Sahabat Sehat! Di lingkungan sekitar tentu banyak sekali anak yang masih menginjak usia dini atau berumur di bawah 6 tahun. Pada usia tersebut, anak menjadi individu yang eksploratif dengan perilaku ingin mengetahui segala hal, senang bermain, dan enggan berdiam diri. Perilaku hidup sehat dan bersih tentu perlu dikenalkan pada anak sedini mungkin. Terlebih lagi pada masa pandemi seperti sekarang, kamu dituntut untuk ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan. Berikut ini upaya yang bisa dilakukan supaya anak terbiasa berperilaku hidup sehat dan bersih.

mengajarkan anak hidup sehat
Foto: Pexels.com

Berolahraga Teratur dan Istirahat Cukup

Dunia anak, dalam kesehariannya ngga terlepas dari bermain. Oleh karena itu, kamu bisa mengajaknya berolahraga sekaligus melakukan permainan yang menyenangkan. Misalnya, seperti bermain sepak bola, berenang maupun berjemur setiap pagi dengan rentang waktu 10-15 menit.

meskipun begitu, jam istirahat anak tetap perlu dikontrol. Anak sangat mudah lupa waktu jika bersama teman-temannya, untuk itu orang tua harus menjaga supaya anak mendapat istirahat yang cukup sehingga ngga akan sakit karena kelelahan.

Makan Makanan Bergizi

Anak usia dini biasanya menyukai makanan yang menarik dari segi penampilan. Mulai bentuknya yang unik dan warna yang beragam. Sayangnya, beberapa dari makanan seperti ini belum terjamin aman bagi kesehatan. Oleh karenanya, perlu lebih waspada dalam mengontrol makanan yang dikonsumsi anak. Kamu juga perlu mengenalkan dan membiasakan anak untuk makan makanan bergizi, serta manfaaatnya bagi kesehatan. Misalnya wortel, anak bisa diedukasi terkait manfaat wortel yang kaya vitamin A dan baik untuk kesehatan mata.

Mencuci Tangan dengan Sabun

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering kontak dengan benda. Mengingat berbagai jenis penyakit seperti Covid-19 sangat mudah menular melalui kontak fisik, anak perlu diberikan pemahaman akan hal itu. Jika anak sudah paham dan terbiasa dengan pola hidup seperti ini, tanpa disuruh pun mereka akan melakukan dengan sendirinya. Bahkan, mereka bisa menjadi agen pengingat hidup sehat dan bersih bagi orang disekitarnya.

mencuci tangan dengan sabun
Foto: Pexels.com

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri perlu dibiasakan sedini mungkin. Contoh sederhananya, yaitu membiasakan anak untuk menggunakan alas kaki, mandi minimal dua kali sehari dan lainnya. Ngga hanya itu, menjaga kebersihan lingkungan seperti tempat tinggal, tempat bermain, dan sarana umum juga perlu dibiasakan. Contoh sederhananya, yaitu membuang sampah pada tempatnya, membersihkan mainan, meletakkan alas kaki pada tempatnya dan buang air besar serta buang air kecil pada tempatnya.

Pendidikan mengenai betapa pentingnya hidup sehat dan bersih bisa dilakukan pada anak sejak dini. Sahabat Sehat, karena anak biasanya memiliki sifat suka meniru perilaku orang disekitarnya, kamu juga perlu menjadi contoh dengan berperilaku hidup sehat dan bersih.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Anhusadar,  La Ode, Islamiyah. 2021. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 463-475.

Notoadmojo S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Safitri, Hana Ika, Harun. 2021. Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 385-394

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.