Healing dengan Hewan Peliharaan

Anjing, ikan dan kucing merupakan sebagian jenis hewan yang banyak dipelihara. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memtutuskan untuk merawat hewan dirumahnya seperti rasa kesepian, mencari teman bermain, atau ingin merawat hewan yang terlantar. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata memeilihara hewan juga memiliki manfaat untuk kamu, loh! Manfaat apa aja yang kamu dapatkan dari hewan peliharaan kesayanganmu? Check it out!

hewan peliharaan
Foto: Freepik.com

Mengurangi rasa kesepian

Kesepian merupakan kondisi yang membuat seseorang merasa sendiri dan bisa mmeberikan dampak negatif terhadap kualitas hidup seseorang. Rasa kesepian ini biasanya timbul pada seseorang yang tinggal sendiri atau bekerja jauh dari keluarga. Memelihara hewan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa kesepian. Penelitian dalam Journal of Personality and Social Psychology, menujukkan bahwa memelihara hewan bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia dan ngga kesepian dibandingkan mereka yang ngga memiliki hewan peliharaan.

Meningkatkan gaya hidup sehat dan sosial

Beberapa jenis hewan peliharaan seperti anjing, pada dasarnya merupakan mahluk hidup yang memerlukan aktifitas fisik seperti manusia. Memelihara hewan seringkali membuat kamu lebih aktif bergerak seperti saat mengajaknya bermain atau jalan-jalan. Selain itu, dengan memiliki hewan peliharaan kamu juga bisa menigkatkan kemampuan sosialisasi, loh! Misalnya dengan menambah pertemanan sesama pecinta kucing atau bergabung dalam suatu komunitas yang sama.

manfaat memelihara hewan peliharaan
Foto: Freepik.com

Meredakan stress

Bekerja dan belajar seharian tentu bisa membuat seseorang merasa stress, sehingga memerlukan rekreasi untuk menyegarkan kembali jasmani dan rohaninya. Rekreasi setiap orang berbeda tergantung ketersediaan waktu luang, usia, faktor sosial ekonomi dan jenis kelamin.

Salah satu hiburan atau rekreasi yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan berinteraksi dan melihat tingkah hewan peliharaan yang menggemaskan. Kamu juga bisa menjadikan hewan peliharaan sebagai teman bermain setelah lelah dengan aktivitas seharian.

Mengendalikan depresi

Depresi merupakan masalahan kesehatan mental yang bisa mengganggu keseharian seseorang. Seringkali kondisi ini membuat sesoerang menjadi menarik diri dari lingkungan sekitarnya, bahkan bisa melakukan tindakan yang merugikan dirinya maupun orang disekitarnya.

Salah satu penelitian dalam Journal of Psychiatric Research, menujukkan bahwa memelihara hewan bisa membantu terapi pada orang depresi dengan meredakan gejala depresi mayor yang ngga dapat beraksi dengan pengobatan. Hewan peliharaan bisa memberikan dukungan sosial bagi penderita depresi dan memberikan hiburan disaat mereka merasa kurang mendapatkannya dari sesama manusia.

Kamu bisa memilih nih, ingin memelihara anjing, kucing atau hewan lainnya, untuk menamanimu di rumah. Jangan lupa untuk selalu sayangi hewan peliharaan dan rawatlah sebaik mungkin dengan memenuhi kebutuhan mereka, ya! Semoga informasi ini bermanfaat, Sahabat Sehat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Kesepian Pemilik Hewan Peliharaan  Yang Tinggal Terpisah Dari Keluarga. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1767. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Taman Bermain Anjing Peliharaan. http://journal.untar.ac.id/index.php/jstupa/article/view/3997. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Pemahaman Menyayangi Binatang Bagi Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hadits. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/699 . Diakses pada 29 Oktober 2021.

Peran Pet (Hewan Peliharaan) Pada Tingkat Stres Pegawai Purnatugas. http://202.0.92.5/isoshum/PI/article/view/1488 . Diakses pada 29 Oktober 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.