Pilihan Olahraga Indoor untuk Jaga Kebugaran Tubuhmu

Halo Teman Sehat! Bagaimana kabar nya selama melakukan social distancing? Bosan, malas, bingung, dan berbagai macam perasaan lainnya tentu wajar dirasakan. Tapi, Teman Sehat ngga boleh hanya berdiam diri. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan sekaligus bermanfaat buat meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh, salah satunya dengan berolahraga.

Olahraga di luar rumah serta melibatkan sekolompok orang tentunya bukan opsi yang tepat untuk saat ini. Nah, Teman Sehat bisa memilih olahraga indoor dan mandiri berikut untuk tetap menjaga kebugaran tubuh:

1. Yoga

Pilihan olahraga yang satu ini ngga hanya bagus buat kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Yoga merupakan gabungan dari olah tubuh, pikiran, dan pernafasan yang terbukti mampu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan detak jantung. Untuk memulai yoga, Teman Sehat bisa mencari video-video di YouTube dan mempraktikan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

2. Senam aerobik

Jika kamu pencinta olahraga yang rame dan menyenangkan, senam aerobik bisa menjadi pilihan. Musiknya yang seru dan gerakannya yang energetik dijamin mampu mengusir stres dan rasa bosan. Pada dasarnya, senam aerobik termasuk ke dalam latihan kardio yang di dalamnya mencakup gerakan seperti jalan cepat, berenang, berlari, dan bersepeda. Oleh karena itu, Teman Sehat harus paham betul kondisi kesehatan sebelum memutuskan buat memilih olahraga ini.

3. Tenis Meja

Jika kamu termasuk penggemar olahraga permainan, tenis meja masih memungkinkan untuk dilakukan di situasi sekarang. Olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah yang beranggotakan 2-4 orang. Tapi, ajak main saudara/keluarga aja ya!

4. Olah fisik

Nah, pilihan yang satu ini sangat mudah diaplikasikan kapan pun, di manapun, dan tanpa alat. Latihan/olah fisik merupakan gerakan yang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan memelihara kebugaran tubuh. Teman Sehat pasti familiar dengan istilah plank, push up, sit up, pull-up, squat, dan lain sebagainya. Kombinasi gerakan tersebit dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Tapi, jangan lupa cari tahu dulu ya bagaimana melakukannya agar ngga terjadi cedera otot!

5. Naik-turun tangga

Jika Teman Sehat disibukan dengan Work from Home dan tugas bejibun, sehingga ngga punya cukup waktu luang untuk berolahraga, kegiatan rumahan juga bisa menjadi pilihan. Disela-sela break kerja alangkah baiknya Teman Sehat melakukan aktivitas fisik sederhana, salah satunya naik-turun tangga. Lakukanlah kegiatan ini beberapa kali disela-sela pekerjaan karena bisa memberikan dampak positif bagi tubuh sekaligus mencegah stres kerja.

Nah, lima kegiatan di atas bisa Teman Sehat pilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan. Jadi, ngga ada alasan lagi buat malas-malasan berolahraga. So, nomor berapa yang jadi pilihan mu buat hari ini?

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *