Tidurmu Tidak Nyenyak? Simak Kebiasaan Tidur Sehat Berikut!

Halo Teman Sehat! Pernahkah merasa tidurmu kurang nyenyak? Yap, mungkin yang memengaruhi hal tersebut adalah kebiasaan tidur yang ngga sehat. Tubuh dan otak pastinya memerlukan waktu tidur agar bisa berkembang dan berfungsi dengan baik. Nah, bagaimana cara menerapkan kebiasaan tidur yang sehat?

Kebiasaan tidur yang sehat bisa membuat perbedaan besar pada kualitas hidup. Memiliki kebiasaan tidur yang sehat sering disebut dengan memiliki kebersihan tidur yang baik (sleep hygiene). Istilah “sleep hygiene” mengacu pada serangkaian kebiasaan tidur sehat yang bisa meningkatkan kemampuan untuk tertidur dan tetap tertidur.

Jika kamu sulit tidur atau ingin meningkatkan kualitas tidur, cobalah menerapkan kebiasaan tidur sehat berikut!

1. Jadwal tidur yang konsisten

Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangunlah pada waktu yang sama setiap pagi, termasuk pada akhir pekan atau selama liburan. Konsisten dengan waktu tidur dan bangun bisa membantu kualitas tidur jangka panjang.

2. Mengurangi tidur siang yang ngga teratur atau terlalu lama

Tidur siang bisa membuat seseorang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Sebuah studi mengatakan bahwa tidur siang selama 30 menit atau kurang bisa meningkatkan fungsi otak, tapi jika waktunya lebih lama maka bisa membahayakan kesehatan dan kualitas tidur. Nah, bagi yang suka tidur siang, jangan sampai kebablasan ya!

3. Pastikan kenyamanan kamar tidur

Teman Sehat harus memastikan kamar tidur dalam suasana gelap, tenang, pada suhu yang nyaman dan sejuk, serta bebas dari kebisingan yang bisa mengganggu waktu tidur. Kondisi seperti inilah yang menjadi penunjang faktor tidur berkualitas.

4. Matikan perangkat elektronik

Matikan perangkat elektronik seperti TV, komputer, dan telepon genggam setidaknya 30 menit sebelum tidur. Sebagian orang merasa sulit untuk tertidur akibat penggunaan perangkat elektronik karena jenis cahaya yang dipancarkan bisa mempengaruhi fungsi otak.

5. Hindari makan besar, kafein, rokok, dan alkohol sebelum tidur

Makan besar atau mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan rasa ngga nyaman sehingga menjadi sulit tidur. Hindari makan dalam jumlah besar setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Jika mengonsumsi kafein di sore hari, maka akan merangsang sistem saraf dan bisa menghentikan tubuh dari relaksasi di malam hari, so perhatikan juga kapan Teman Sehat minum teh atau kopi! Sementara itu, alkohol diketahui menyebabkan gejala sleep apnea (henti nafas saat tidur), mendengkur, dan pola tidur terganggu.

6. Jangan mengonsumsi cairan sebelum tidur

Jangan mengonsumsi cairan apapun sebelum tidur, terutama dalam jumlah yang besar, karena bisa menyebabkan buang air kecil berlebihan di malam hari yang memengaruhi kualitas tidur.

7. Olahraga secara teratur

Aktif secara fisik di siang hari bisa membantu kamu lebih mudah tertidur pada malam hari. Jika dilakukan terlalu malam bisa menyebabkan masalah tidur, karena efek stimulasi dari olahraga yang meningkatkan kewaspadaan dan hormon adrenalin.

8. Bersantai dan menjernihkan pikiran

Bersantai dan menjernihkan pikiran dengan mendengarkan musik, membaca buku, mandi air hangat, serta meditasi bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Ngga ada salahnya dicoba loh Teman Sehat!

Nah, berdasarkan informasi di atas tentunya Teman Sehat sudah paham dan bisa menerapkannya di rumah untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Jika masih mengalami kesulitan tidur, jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya ya! Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *