Yuk, Hidup Sehat dengan 30 menit Aktifitas Fisik

Teman Sehat, sudahkah kamu melakukan aktivitas fisik setiap hari? Ternyata kegiatan ini penting, loh untuk semua orang, berapaun umurmu. Nah, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Yuk, simak penjelasannya di sini!

Aktivitas fisik

Dalam studi yang dipublikasikan oleh Institute of Medicine and The American College of Sports Medicine (ACSM), aktivitas fisik bertujuan untuk meningkatkan pengeluaran energi. Kegiatan ini dilakukan terstruktur, terencana, dan gerakannya dilakukan berulang untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Nah, kegiatan ini juga termasuk ke dalam pilar dari gizi seimbang, loh!

Pentingnya kegiatan ini,

Faktanya pada era tekhnologi yang canggih seperti ini, energi yang dikeluarkan oleh rata-rata penduduk semakin berkurang. Hal ini disebabkan semakin berkurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. Contohnya, anak-anak lebih menyukai main game dan menonton tv dibandingkan main di luar rumah.

Begitu juga dengan pekerja kantoran yang cenderung duduk dalam jangka waktu yang lama. Pola hidup seperti ini, mengakibatkan semakin meningkatnya masalah gizi lebih, seperti obesitas dan penyakit degeneratif lainnya.

Salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan yaitu aktif bergerak dan melakukan olahraga teratur. Waktu yang dianggap cukup untuk melakukan aktifitas fisik selama 30 menit yang dilakukan setiap hari atau minimal 3-5x dalam seminggu. Contohnya, jalan santai, bersepeda, berenang dan lain-lain.

Manfaatnya

  1. Meningkatkan kebugaran jasmani. Aktifitas fisik yang dilakukan secara rutin dan teratur akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat.
  2. Menurunkan berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan berisiko pada beberapa macam penyakit. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas fisik yaitu penurunan berat badan dan mengeluarkan kalori lebih besar.
  3. Mengontrol tekanan darah. Studi yang dilakukan pada semua kelompok umur terhadap tekanan darah ketika melakukan aktivitas fisik. Hasilnya terjadi penurunan tekanan darah saat melakukan aktifitas fisik yang rutin.
  4. Kualitas tidur meningkat. Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa melakukan aktifitas fisik yang teratur akan membuat tubuh lebih rileks, sehingga kualitas tidur lebih baik.

Nah, Teman Sehat jangan lupa rutin berolahraga, ya! Tapi, aktifitas fisik yang dilakukan perlu disesuaikan dengan usia dan status kebugaran jasmani seseorang, ya dengan memperhatikan intesitas saat melakukannya.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *