4 Hormon yang Mempengaruhi Timbangan Kamu

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk orang yang mengalami kesulitan dalam mengontrol berat badan? Selain pengaruh pola makan, hormon-hormon tertentu dalam tubuh juga berperan penting dalam mempengaruhi timbangan. Nah, ketika kamu mampu mengendalikan hormon tersebut, secara ngga langsung kamu juga bisa mengendalikan berat badan. Apa aja sih hormonnya?

Insulin

Hormon yang dihasilkan oleh pankreas ini tentu ngga asing lagi buat kamu. Insulin berkaitan erat dengan kadar gula dalam darah. Ternyata bukan hanya itu, insulin juga ikut berperan dalam mengontrol penyimpanan lemak. Ketika kadar insulin dalam tubuh meningkat, kadar gula darah juga akan mengalami peningkatan. Hal tersebut tentunya meningkat risiko terjadinya diabetes, obesitas, dan gangguan metabolik lainnya. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu menjaga agar produksi insulin di tubuh tetap normal. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan mengandung karbohidrat sederhana.

Kortisol

Woman in White Shirt Showing Frustration

Kortisol atau stress hormon, merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin. Hormon ini akan dikeluarkan secara spontan oleh tubuh ketika sedang merasa stres atau tertekan. Apakah Teman Sehat pernah mengalami keadaan pengen makan ini-itu dalam jumlah yang banyak saat sedang stress? Yap, hal tersebut merupakan efek dari hormon kortisol! Saat kadar kortisol dalam tubuh meningkat, nafsu makan cenderung lebih tinggi. Jika ngga bisa mengontrolnya, maka risiko gemuk pun akan meningkat. Agar hal ini ngga terjadi, Teman Sehat harus bisa mengontrol stres tersebut, misalnya dengan meditasi, rajin berolahraga, mendengarkan musik, melakukan hobi, dan menjaga pola tidur.

Estrogen

Selain berperan untuk perkembangan organ reproduksi pada wanita, kadar estrogen dalam tubuh juga bisa mempengaruhi berat badan loh! Sejak memasuki masa puber, estrogen akan mulai menstimulus proses penyimpanan lemak. Dalam sebuah penelitian, telah dibuktikan bahwa perempuan yang mengalami kelebihan berat badan memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi. Hal ini juga bisa disebabakan oleh pengaruh dari dari lingkungan sekitar. Menjaga pola makan dan lifestyle, merupakan salah satu kunci untuk mengontrol kadar estrogen. Rutin berolah raga dan mengonsumsi makanan tinggi serat merupakan gaya hidup yang baik.

Ghrelin

poached egg with vegetables and tomatoes on blue plate

Hormon ghrelin memiliki peran penting pada area sistem pencernaan. Ketika perut sedang kosong, hormon ghrelin akan dilepaskan untuk mengirimkan sinyal lapar ke otak. Sebelum Teman Sehat makan, kadar hormon ghrelin akan meningkat dan akan mengalami penurunan seiring dengan terisinya perut. Tapi dalam beberapa kasus obesitas, kadar ghrelin sebelum dan setelah makan ngga jauh berbeda. Otak akan kesulitan menentukan apakah perut masih dalam kondisi lapar atau sudah kenyang, sehingga mengakibatkan nafsu makan yang ngga terkontrol dan meningkatkan risiko kegemukan. Untuk memaksimalkan fungsi ghrelin, Teman Sehat perlu mengurangi jumlah makanan manis dan mulai rutin mengonsumsi protein setiap hari.

Nah, ternyata selain faktor diet dan aktivitas fisik, hormonal juga berperan penting dalam mempengaruhi berat badan seseorang. Dengan memaksimalkan kinerja dan mengontrol hormon-hormon yang udah dibahas di atas, semoga Teman Sehat lebih bijak dan menemukan solusi dalam mengontrol berat badan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.