5 Kebiasaan Makan Sehat ala Orang Jepang

kebiasaan makan orang jeoang
Foto: Pexels.com

Jepang terkenal dengan masyarakatnya yang produktif, energik, dan disiplin. Di balik semua itu, mereka mempunyai kesadaran akan kesehatan yang tinggi. Menurut World Health Organization (WHO), salah satu alasannya adalah kebiasaan hidup sehat orang Jepang, termasuk kebiasaan makannya. Penasaran seperti apa? Simak penjelasannya berikut.

Budaya Makan Tidak Berlebihan

Hal pertama yang dapat ditandai dari orang Jepang adalah budaya makan secukupnya atau ngga berlebihan. Mereka hanya mengonsumsi nasi dalam mangkuk kecil. Sayur dan lauk juga secukupnya. Dilansir dari laman Universitas Nasional, dengan memakai mangkuk kecil, orang Jepang bisa mengontrol asupan makanan yang masuk dan menakarnya sesuai porsi yang dibutuhkan.

Minim Pengolahan

Dilansir dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga umumnya masakan Jepang menggunakan teknik olahan rebus, kukus, atau panggang, sehingga minim penggunaan minyak. Orang Jepang menyadari bahwa makanan sehat hanya diolah melalui proses merebus, mengukus, dan memanggang. Jika ingin digoreng atau ditumis, maka hanya dilakukan dalam waktu singkat. Ngga sedikit juga makanan Jepang yang dikonsumsi segar bahkan mentah.

Banyak Makan Sayur dan Ikan

Kebiasaan ini sudah diterapkan sejak dini oleh masyarakat Jepang. Mengonsumsi sayur hijau dapat memenuhi asupan zat besi, serat, vitamin, dan mineral yang mengurangi risiko darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Dilansir dari laman Alodokter, masyarakat Jepang mengonsumsi beragam jenis ikan, seperti tongkol, tuna, salmon, sarden, dan ikan pisang-pisang (hamachi), sebagai sumber omega 3 untuk memelihara kesehatan otak, jantung, sistem saraf, dan pembuluh darah. Kandungan selenium pada ikan juga dapat membantu menjaga sistem imunitas tubuh. Vitamin B di dalamnya juga baik untuk keseimbangan otak.

meminum teh hijau
Foto: Pexels.com

Meminum Teh Hijau

Meskipun rasanya pahit, masyarakat Jepang sudah terbiasa mengonsumsi teh hijau. Dilansir dari laman Universitas Nasional, hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa EGCG dan katekin yang terkandung dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh. Berbagai jenis penelitian menunjukkan bahwa berbagai risiko radikal bebas, seperti penyakit jantung hingga 31%, osteoporosis, dan kanker dapat ditekan dengan mengonsumsi teh hijau.

Terbiasa Mengonsumsi Nori

Nori memang lezat dan menjadi kegemaran orang Jepang dan banyak digunakan dalam berbagai makanan seperti sushi, onigiri, hingga sebagai topping dalam ramen. Setiap lembar rumput laut sangat tinggi serat yang mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Rumput laut juga kaya mineral yaitu seng, sodium, kalsium, magnesium, dan kalium. Dilansir dari laman Beautynesia, rumput laut mempunyai kandungan mineral lebih banyak dibandingkan sayuran hijau.

Beragam kebiasaan makan orang Jepang tersebut sangat baik diterapkan. Sahabat Sehat juga bisa loh mulai menerapkannya di kehudupan sehari-hari!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Alodokter.com. 2022. 5 Manfaat Makanan Jepang bagi Kesehatan. https://www.alodokter.com/5-manfaat-makanan-jepang-yang-baik-bagi-kesehatan. Diakses pada 24 Juli 2022.

Blog.hock.id. Yuk Pelajari 8 Kebiasaan Orang Jepang Agar Awet Muda. http://blog.hock.id/kebiasaan-orang-jepang/. Diakses pada 24 Juli 2022.

Kumala, Intan. 2016. 7 Makanan Ala Jepang yang Membuat Awet Muda. https://www.beautynesia.id/wellness/7-makanan-ala-jepang-yang-membuat-awet-muda/b-121316. Diakses pada 24 Juli 2022.

Putri, Adelya. 2021. 5 Manfaat Makanan Jepang yang Baik Bagi Kesehatan. http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/878-5-manfaat-makanan-jepang-yang-baik-bagi-kesehatan. Diakses 27 Juli 2022.

Unas.ac.id. 2017. Resep Awet Muda dan Panjang Umur Ala Masyarakat Jepang. https://www.unas.ac.id/kesehatan/resep-awet-muda-dan-panjang-umur-ala-masyarakat-jepang/. Diakses pada 26 Juli 2022.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.