Angulas, Kuliner dari Belut Termahal di Spanyol

Sahabat Sehat, bagi kamu yang menyukai travelling tentunya tidak ingin ketinggalan mencoba kuliner khas negara yang kamu kunjungi. Di Spanyol, angulas (Spanish Baby Eels) menjadi sajian kuliner termahal. Kenapa begitu?

angulas khas spanyol
Foto: istockphoto.com

Apa itu Angulas?

Angulas dikenal sebagai “kaviar Spanyol Utara”, merupakan bayi belut berwarna transparan yang dimasak dengan minyak dan bawang putih. Angulas adalah bayi belut Atlantik biasa, yang lahir di Laut Sargasso, di bagian Samudra Atlantik yang kira-kira sesuai dengan Segitiga Bermuda. Angulas salah satu makanan termahal di Spanyol, mencapai harga hingga 1.000 euro atau sekitar 16 juta rupiah per kilo. Meskipun harganya sangat mahal, angulas disebut tidak memiliki rasa sama sekali.

Mahalnya angulas tidak dikaitkan dengan rasanya, tetapi dikaitkan dengan permintaan dan penangkapan berlebih yang menyebabkan kelangkaan. Eksklusivitas dari angulas lah yang memainkan peran penting gastronomi. Salah satu alasan angulas sangat mahal adalah karena bendungan dan degradasi lingkungan telah mengurangi jumlah belut, dan sekarang terdaftar sebagai biota terancam punah.

Bayi belut angulas dari Atlantik hanyut ke arah timur mengikuti arus laut dan berakhir di muara air tawar Spanyol sekitar 3 tahun kemudian, tempat para nelayan mengambilnya. Angulas yang bertahan hidup hingga dewasa hidup selama 10 tahun sebelum kembali ke Laut Sargasso (perjalanan pulang memakan waktu lima bulan) untuk bertelur dan mati, dan siklusnya dimulai lagi.

Rasa dan Penggunaan Angulas dalam Kuliner

Banyak yang mengatakan angulas tidak menawarkan sesuatu yang spesial. Rasanya didefiniskan sebagai mild hingga tidak berasa sama sekali. Teksturnya mirip dengan spageti masak dan sedikit renyah. Bahkan ada yang mengatakan angulas tidak punya rasa, tidak berwarna, dan tidak berbau.

angulas bayi belut
Foto: casas.co.uk

Di Basque County, Spanyol, hidangan angulas telah menjadi bagian tradisi dan budaya, serta menjadi bagian perayaan malam Natal, Tahun Baru, dan Hari San Sebastian pada 20 Januari. Adanya angulas dianggap sebagai pencerminan kemampuan ekonomi dan kelas sosial tinggi. Menu ini biasanya disajikan dalam mangkuk gerabah, dengan sendok garpu kayu khusus di sampingnya, karena bahan logam dan metalik dianggap dapat merusak rasanya.

Gulas, Produk Imitasi Angulas

Dikarenakan kelangkaan dan harga sangat mahal dari angulas asli, produk tiruan yang disebut “gulas” diperkenalkan pada 1980-an, dan menjadi sangat populer. Fulas terbuat dari surimi berbahan dasar pollock.

Gulas dibentuk menjadi bentuk cacing kecil dengan panjang dan ketebalan persis seperti angulas asli. Dalam hal harga, gulas dipatok $4 per kilo, dibandingkan dengan $1.100 per kilo untuk angula asli. Fakta bahwa surimi hambar bisa menjadi substitusi angulas menguatkan bahwa angulas asli tidak memiliki rasa yang cukup spesial.

Kandungan Gizi dan Pemasakan Angulas

Dalam 100 g angulas terkandung 160 kal, 8 g karbohidrat, 10 g lemak, dan 10 g protein. Angulas disajikan di high end restaurants, setiap tahunnya pada musim penangkapan pertama sekitar November, para chefs akan berebut dalam lelang angulas. Pemasakan angulas disebut sebagai proses yang memakan waktu dan memerlukan kehati-hatian. Rasa dan tekstur angulas asli perlu dipastikan keluar, chef harus memastikan bahwa konsumen ngga akan merasa bahwa yang dimakannya adalah angulas imitasi atau gulas.

Sahabat Sehat, sekian informasi mengenai angulas, kuliner otentik Spanyol yang masuk daftar list makanan termahal di Spanyol. Semoga informasi ini bermanfaat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Alfaro D. 2023. What are Angulas (Spanish Baby Eels)?. https://www.thespruceeats.com/what-are-angulas-3083602.  Diakses 22 Januari 2023.

Anonim. 2023. Angulas. https://www.tasteatlas.com/angulas. Diakses 22 Januari 2023.

Anonim. 2023. Angulas. https://www.myfitnesspal.it/nutrition-facts-calories/angulas. Diakses 22 Januari 2023.

Randolph M. 2018. Why baby eels are one of Spain’s most expensive foods. https://www.bbc.com/travel/article/20180313-why-baby-eels-are-one-of-spains-most-expensive-foods. Diakses 22 Januari 2023.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.