Lima Gerakan untuk Melatih Tubuh Bagian Bawah

Tubuh bagian bawah yang meliputi pinggang, pinggul dan kaki tidak boleh luput untuk dilatih kekuatan dan daya tahannya. Buat para Sahabat Sehat yang “mager” alias malas gerak, tenang saja karena gerakan-gerakan di bawah ini ngga susah untuk diikuti dan kamu juga ngga butuh alat apapun. Berikut ini lima geraknanya.

1. Jumping Jacks

Jumping Jacks ini merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara melompat-lompat dengan membuka dan menutup kaki selebar bahu, sementara kedua tangan diangkat lurus di atas kepala sebelum kembali ke sisi tubuh. Gerakan ini cocok dijadikan pemanasan karena ngga terlalu berat tapi bisa meningkatkan detak jantung dan menyiapkan tubuh sebelum berolahraga.

2. Side Lunge

gerakan melatih tubuh bagian bawah, side lunge
Foto: Freepik.com

Gerakan side lunge ini caranya susah-susah gampang, kamu harus memiringkan tubuh ke samping kanan dan kiri dengan menekuk kaki, sementara tangan disatukan di depan tubuh. Gerakan ini sangat membutuhkan kekuatan otot di bagian pinggang dan paha untuk menjaga keseimbangan tubuh supaya ngga terjatuh.

3. Glute Bridge

Saat ingin melakukan gerakan glute bridge, pertama-tama kamu harus berbaring dengan posisi lutut tertekuk dan tangan lurus di sisi tubuh. Selanjutnya perlahan angkat bagian pundak sampai lututmu ke atas sehingga membentuk segitiga siku-siku di bagian kaki. Pastikan bagian tubuhmu yang terangkat membentuk garis lurus ya.  Tahan posisi selama beebrapa detik dan turunkan lagi, terus lakukan gerakan ini secara berulang untuk menguatkan otot inti tubuhmu.

4. Squat

gerakan melatih tubuh bagian bawah, squat
Foto: Unsplash.com

Squat merupakan  gerakan olahraga yang dilakukan dengan cara membuka kaki selebar bahu lalu mendorong bokong ke atas dan ke bawah seperti akan duduk di kursi. Gerakan ini bisa melatih banyak otot bagian bawah tubuh, seperti otot pinggul, paha bagian atas, dan lutut. Saat melakukan squat, yang terpenting adalah untuk menjaga lutut tetap stabil dan telapak kaki tetap menapak di tanah.

5. Clamshell

Sahabat Sehat tahu gerakan kerang saat membuka dan menutup cangkangnya? Gerakan clamshell ini mirip seperti itu. Kamu hanya perlu berbaring menghadap kanan dengan kedua kaki tertekuk 90o, persis seperti posisi saat tidur menghadap samping. Selanjutnya kuatkan otot perut dan paha dan angkat lutut kaki kirimu setinggi mungkin sambil tetap menjaga kaki dan pinggang bagian kananmu menempel di tanah.

Ngga susah kok untuk bisa memiliki tubuh bagian bawah yang sehat, kuncinya yakni niat dan komitmen untuk rajin berolahraga secara rutin. Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan di atas dalam beberapa kali set hitungan setiap hari. Oh iya Sahabat Sehat, jangan lupa pemanasan dulu ya, sebelum berolahraga!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

U.S.News. 2021. Lower Body Workouts That Get Results. https://health.usnews.com/wellness/fitness/articles/best-lower-body-workouts. Diakses pada 10 September 2021

Verywellfit. 2021. The Best Lower Body Strength Exercises. https://www.verywellfit.com/best-lowerbody-weight-training-exercises-3498517. Diakses pada 10 September 2021

Openfit. 2020. 15 Exercises to Add Into Your Lower-Body Workout. https://www.openfit.com/lower-body-workout-exercises. Diakses pada 10 September 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.