Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja

Halo Teman Sehat! Mewabahnya Virus Corona merubah sebagian besar aktivitas manusia. Untuk menghadapi kondisi ini, kita harus tetap sehat secara fisik maupun mental. Sayangnya, #dirumahaja mempengaruhi pola interaksi manusia. Ayo, siapa yang udah bosan, kangen ketemu teman, dan jalan-jalan bareng?

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Tapi, ngga ada salahnya kita menahan diri untuk ketemu langsung agar pandemi ini segera teratasi. Berikut beberapa tips buat kamu yang walapun #dirumahsaja tapi kesehatan mental tetap terjaga.

1. Move-on dari berita-berita negatif

Carilah informasi seputar Covid-19 dari sumber-sumber terpercaya, terutama terkait langkah pencegahan dan hal-hal aplikatif yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Bila perlu, hindari grup-grup atau laman berita yang sering menebar hoax dan ketakutan. Pada dasarnya, fakta-fakta bisa mengurangi rasa takut, sebaliknya rumor-rumor justru menjadi asal segala kecemasan dan ketakutan.

2. Coping terhadap stress dan rasa cemas

Pemberitaan tentang Covid-19 yang tiada henti-hentinya meningkatkan rasa stres dan kecemasan. Tentunya Teman Sehat paham betul dengan diri sendiri. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan di rumah dan bisa membuat waktu tidak terasa berlalu. Metode coping yang biasanya dilakukan seperti menyalurkan hobi, belajar skill baru, mencoba rutinitas baru, dan lain sebagainya.

3. Makan makanan sehat

Teman Sehat pasti familiar dengan ungkapan you are what you eat. Memang benar adanya, makanan yang kita konsumsi mempengaruhi kesehatan baik secara fisik dan mental. Makan makanan sehat bisa membuat kita merasa lebih baik loh! Faktanya, saat stress kebanyakan orang akan memilih comfort food seperti makanan manis dan junk food yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur serta minum air putih!

4. Ketemu orang terdekat secara virtual

Untungnya, kita hidup di zaman teknologi yang begitu canggih sehingga komunikasi bukan lagi menjadi halangan. Jika kamu merasa kesepian, kenapa ngga mencoba menelfon atau video call dengan keluarga? Atau cobalah mengontak kembali teman-teman yang udah lama ngga jumpa.

5. Aktivitas fisik jangan sampai ketinggalan!

#dirumahaja bukan berarti kamu bebas rebahan dan mageran. Aktivitas fisik maupun olahraga wajib masuk dalam daftar kegiatan harian. Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa aktif secara fisik memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental seperti meningkatkan mood, meningkatkan self-esteem, menigkatkan fungsi kognitif, dan lain sebagainya. Nah, jika bingung mau olahraga apa di dalam rumah, Teman Sehat bisa cek pilihannya di sini.

Itulah lima hal yang bisa membantu Teman Sehat menghadapi tantangan kesehatan mental selama melakukan social-distancing. Jika punya tips-tips lainnya, silahkan di share pada kolom komentar di bawah ini. Tetap sehat dan bahagia, ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *