Tren Olahraga Tahun 2021: Bersepeda Hingga Yoga Mata

Sahabat Sehat, meskipun selama pandemi Covid-19 di tahun 2021 dilakukan pembatasan sosial, bukan berarti aktivitas olahraga juga dibatasi. Justru saat pandemi, muncul berbagai tren olahraga yang sebelumnya jarang kamu lakukan. Tuntutan kesehatan malah seharusnya semakin meningkatkan semangat kamu dalam berolahraga. Berikut ini berbagai tren olahraga tahun 2021:

Bersepeda

Sejak pandemi Covid-19 tahun lalu, bersepeda sudah menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia. Di tahun 2021, tren ini masih terus terjadi. Pasalnya, bersepeda dilakukan di luar ruangan dan berjarak aman sehingga ngga berisiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19. Beberapa kota besar juga telah menyediakan jalur khusus pengendara sepeda sehingga aktivitas ini makin banyak digemari.

Pemandangan Panorama Orang Di Sepeda
Sumber: Pexels.com

Demi kesehatan dan keamanan lingkungan beberapa orang bahkan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi saat pergi dari satu tempat ke tempat lain. Bersepeda mampu memperbaiki kesehatan mental dan meningkatkan kemampuan otak sehingga cocok dilakukan saat pandemi Covid-19. Bahkan selama tahun 2021, telah diselenggarakan ajang balap sepeda secara langsung, salah satu yang cukup terkenal yaitu Tour de Sabang pada bulan November.

Olahraga virtual dalam ruangan

Work From Home (WFH) masih diberlakukan di sepanjang tahun 2021. Berbagai tempat kebugaran belum diizinkan untuk dibuka terlebih saat awal dan pertengahan tahun. Hal ini membuat olahraga virtual menjadi pilihan paling aman dan praktis. Kamu bisa mengambil kelas olahraga virtual atau melalui panduan video YouTube secara gratis.

Salah satu jenis olahraga virtual yang ngga memerlukan peralatan khusus yaitu senam aerobik. Kamu bisa memilih senam aerobik dengan intensitas tinggi jika ingin membakar lemak lebih banyak.

Yoga

Olahraga yang berfokus pada pernapasan dan fleksibilitas tubuh ini mampu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres sehingga tubuh lebih rileks di tengah kabar kasus Covid-19 yang seringkali membuat khawatir selama tahun 2021. Yoga juga ngga butuh peralatan khusus dan terdapat pilihan khusus yoga bagi pemula. Hal ini memudahkan kamu yang baru saja ingin mencoba yoga di rumah.

Wanita Mengenakan Atasan Tanpa Lengan Putih
Sumber: Pexels.com

Tren jenis yoga selama masa pandemi yaitu yoga mata. Dilansir dari laman College of Optometrist, sebanyak 1 dari 5 orang dewasa mengalami masalah penglihatan selama pembatasan sosial. Yoga mata berisi gerakan-gerakan bola mata dan kelopak mata dengan tujuan meningkatkan fokus penglihatan mata dan fleksibilitas.

Bulu tangkis

Tren olahraga tahun 2021 berupa bulu tangkis kembali booming sejak adanya Olimpiade Tokyo 2020. Meskipun pada dasarnya olahraga ini akan selalu digemari masyarakat Indonesia sepanjang masa karena cenderung mudah dimainkan. Saat bermain bulu tangkis, energi yang dikeluarkan cukup banyak sehingga bisa menjaga berat badan ideal jika disertai dengan pola hidup yang baik. Saat pandemi, orang-orang cenderung mengalami gaya hidup sedentari sehingga ngga banyak kalori yang keluar.

Sahabat Sehat, olahraga teratur sebaiknya dilakukan minimal 30 menit sehari. Apapun jenis olahraganya, disiplin merupakan kunci agar manfaat bisa kamu rasakan dengan maksimal. Itu lah berbagai tren olahraga tahun 2021. Kira-kira apalagi tren olahraga di tahun berikutnya ya?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Kemenperekraf. 2021. Siaran Pers: Kemenparekraf Dukung Balap Sepeda L’Etape Indonesia by Tour de France di Mandalika 2022. https://kemenparekraf.go.id/berita/Siaran-Pers:-Kemenparekraf-Dukung-Balap-Sepeda-L%E2%80%99Etape-Indonesia-by-Tour-de-France-di-Mandalika-2022

Antaranews.com. 2021. Gubernur Aceh: Tour de Sabang bawa misi sport tourism. https://www.antaranews.com/berita/2551849/gubernur-aceh-tour-de-sabang-bawa-misi-sport-tourism

Healthline. 2021. 12 Benefits of Cycling, Plus Safety Tips. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/cycling-benefits#benefits

College of Optometrist. 2021. How helpful is eye yoga? https://www.college-optometrists.org/news/2021/may/how-helpful-is-eye-yoga

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.