Batasi Gejala PMS dengan Melakukan Hal ini!

Pre-Menstrual Syndrome (PMS) kadang memiliki kesan negatif, karena berhubungan dengan emosi yang ngga terkontrol. Perubahan kadar hormon, mungkin berperan pada sindrom ini, walaupun sebabnya ngga diketahui secara pasti. Walaupun begitu, gejala PMS bisa diatasi, loh! Yuk, simak caranya di sini!

Tidur yang cukup

Cobalah mendapatkan waktu tidur selama 8 jam per hari. Tidur yang ngga teratur, bisa menyebabkan perubahan emosi seperti depresi dan anxiety, sehingga memperburuk gejala PMS seperti moodiness.

Saat kekurangan tidur, kamu akan merasa kurang semangat, lelah dan lebih mudah terusik. Nah, beberapa gangguan ini, bisa memengahui kesehatan mental, sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari mu. Atasilah gangguan ini dengan olahraga rutin, makan yang sehat dan teratur, serta temukan cara untuk relaksasi diri. 

Temukan cara untuk mengelola stres

Menemukan cara relaksasi dan mengurangi stres, bisa membantu perempuan PMS, loh! Metode relaksasi bisa dilakukan dengan melatih pernapasan, meditasi, dan yoga. Beberapa orang juga meyukai pijat terapi sebagai solusinya. So, lakukan apa yang kamu sukai, seperti bercerita atau berkonsultasi mengenai kegiatan-kegiatan asik untuk mengurangi stres.

Olahraga rutin

Benarkah salah satu manfaat olahraga mengurangi stres? Yap, tahukah kamu, saat berolahraga, terjadi peningkatan produksi neurotransmitter endorphin, sebuah sensasi senang yang berfungsi untuk mengurangi stres dan depresi.

Melakukan aktivitas fisik, bisa mengalihkan pikiranmu dari masalah kehidupan, seperti PMS dengan fokus pada gerakan badan yang memerlukan konsentrasi dan energi. Selain itu, olahraga juga bisa membantu kamu agar cepat tidur. Lakukan minimal 30 menit per hari seperti melakukan jogging, bersepeda, renang, atau aktivitas aerobik lainnya.

Makan sehat dan teratur

Mengurangi gejalanya, bisa dilakukan dengan memodifikasi diet. Menghindari konsumsi makanan dan minuman mengandung kafein, garam, dan gula 2 minggu sebelum periode, bisa gejala PMS, loh!

Selain itu, kita juga perlu menjaga frekuensi dan berat makanan untuk mengonsumsi 6 kali porsi kecil daripada makan 3 kali dengan porsi besar. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah, sayur-sayuran, dan gandum untuk menjaga mood dan mengurangi food craving.

Nah, setelah membaca dan mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala PMS, apakah kalian tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *